Selasa, 28 Agustus 2018

Kunjungi Kota Probolinggo, Ketua KPAI : Terkait Dengan Pawai TK Sudah Clear


 
Pasca Pertemuan dengan Walikota Probolinggo pada selasa siang, (28/08/18), Ketua KPAI (Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia) Dr. Susanto, MA menjelaskan kepada media bahwa terkait dengan kejadian Pawai TK di Kota Probolinggo, semua sudah clear dan tidak ada masalah.

Bertempat di pemkot Kota Probolinggo, kegiatan ini dihadiri oleh  Walikota Probolinggo Rukmini di ruang Sabha Bina Praja. Walikota tak sendiri, tetapi didampingi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot, juga perwakilan dari kantor Kemenag Kota Probolinggo.

Susanto menjelaskan, pihak KPAI sudah melaksanakan sharing dengan berbagai stakeholder yang ada, para kepala dinas dan sudah melakukan pendalaman terhadap lokasi sekolah. Susanto juga menjelaskan bahwa KPAI sudah melakukan pendalaman lebih jauh terkait dengan masalah ini karena semangat dari KPAI adalah masalah ini bisa clear.

“Setelah kami lakukan pendalaman, dari sisi motif permasalahan ini sudah clear, selain itu data yang kami dapatkan dari polres menunjukkan bahwa profiling Kepsek tidak ada masalah”, Ucap Susanto.

Susanto juga berharap, kedepan ini akan menjadi evaluasi terhadap penyelenggaraan pendidikan di kota Probolinggo. Dia juga berpesan semua pelaksanan pendidikan yang ada di Indonesia pada umumnya, agar hati - hati dalam pengggunaan atribut pada saat mengikuti kegiatan pawai atau karnaval karena jika melakukan sebuah kesalahan, dapat menimbulkan makna yang multitafsir.

“Terkait dengan akun hoax, kita serahkan kepada polisi untuk dalami hal itu karena itu merupakan wewenang dari teman – teman kepolisian. Kami hanya fokus kepada pemastian perlindungan anak agar kasus ini tidak terulang dan tidak menimbulkan masalah bagi tumbuh kembang bagi anak – anak “, tambahnya.

“Terkait dengan pemberitaan pencarian pengunggah video yang pertama kali apakah akan ditelusuri atau tidak, itu merupakan wewenang penuh dari teman – teman Kepolisian”, pungkasnya.