Sabtu, 04 Agustus 2018

Monitoring Kesehatan, Ratusan Anggota Polres Probolinggo Kota Ikuti Rikkes


Sebanyak 110 personel Polres Probolinggo Kota, melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) secara berkala, yang dilakukan oleh Bid Dokkes Polda Jatim beserta Urkes Polresta Probolinggo yang bertempat di gedung Serbaguna Polresta Probolinggo. Kegiatan ini ini dipimpin langsung oleh Tim Bid Dokkes Polda Jatim yang beranggotakan Kompol Dr.Podang (kaur kesmapta) sebagai ketua tim, Penata Drg. Syaiful Ahla anggota tim dan Brigpol Steven anggota tim.

Kabag Sumda Kompol Sayudi melalui Paurkes Bripka Hedy Prasetyo  menjelaskan, Rikkes berkala yang dilaksanakan di Polresta Probolinggo dilaksanakan untuk memeriksa kondisi kesehatan seluruh anggota personel polisi Polresta. “Tujuannya, untuk mengetahui segala gejala jenis penyakit secara dini, sehingga bisa dengan segera untuk ditindak lanjuti sesuai petunjuk dokter,” ungkapnya saat ditemui di sela pemeriksaan.

Bripka Hedy juga mengungkapkan, personel Polresta yang ikut Rikkes berkala pada prinsipnya terdiri dari pemeriksaan Ecg, Tread mild, Pemeriksaan darah urine, Foto toraxs, Tensi darah, Rental fitness, Kesehatan jiwa serta pelaksanaan Vaksin difteri.

“Rikkes berkala merupakan pembinaan kesehatan anggota Polri, namun jika dalam pemeriksaan urine terdapat personel polisi yang positif menggunakan obat terlarang, maka akan menjadi catatan dan dilaporkan kepada pimpinan,” terangnya.

Bripka Hedy juga mengharapkan, animo personel polisi untuk melakukan Rikkes berkala semakin meningkat, meski dirinya mengaku terkadang mendapat kendala saat melakukan Rikkes berkala, ketika personel polisi sedang bertugas di lapangan.

“Namun setidaknya personel meluangkan waktu untuk memeriksa kesehatan, untuk mengetahui kesehatan, karena pemeriksaan merupakan modal penting untuk bisa mendeteksi segala macam penyakit yang mungkin terjangkit di dalam tubuh para anggota jajaran polresta Probolinggo”, Ucapnya.