Rabu, 08 Agustus 2018

Selesaikan Perselisihan Warga, Bhabinkamtibmas Gandeng Tiga Pilar


Peran bhabinkamtibmas di tengah – tengah masyarakat sangatlah penting dalam hal penyelesaian masalah yang terjadi di antara warga di lingkungan desa binaannya.  Seperti yang terjadi di Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, selasa, ( 07/08/18 ). Hadirnya bhabinkamtibmas dan tiga pilar kelurahan Ketapang di tengah – tengah warga bisa memberikan solusi terhadap masalah perselisihan antar warga yang terjadi karena berawal dari perbuatan yang tidak di sengaja.

Bertempat di pendopo Kelurahan Ketapang, kegiatan mediasi tersebut dihadiri oleh Lurah Ketapang, Seklur Ketapang,Ketua RW 2, Ketua RT.3, Ketua kelompok tani, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta kedua belah pihak yang bermasalah. Perselisihan antar warga tersebut berawal dari adanya salah satu warga kelurahan Ketapang menyemprotkan  gulma dan secara tidak sengaja mengenai tanaman petani di sekitarnya yang mengakibatkan rusaknya tanaman jagung.

Bhabinkamtibmas Ketapang, Bripka Suminto menyampaikan bahwa pada dasarnya saudara “SA” memang tidak sengaja melakukan perbuatan tersebut. “SA” tidak mengira penyemprotan obat pembasmi gulma yang dia lakukan bisa mengenai tanaman jagung milik petani yang ada di sekitar lahannya. Bripka Suminto juga mengatakan bahwa “SA” secara terbuka sudah meminta maaf kepada para pemilik tanaman yang rusak akibat ulahnya. Bripka Suminto juga berharap, “UW” sebagai perwakilan dari petani yang tanaman rusak bisa menerima permintaan maaf dari “SA” dan dapat menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan.

“ Saudara “SA” hanya berniat menyemprot hama yang ada di lahan milik dia sendiri. Namun, ternyata semprotan pembasmi gulma tersebut malah menyebar dan mengenai tanaman dari para petani yang ada di sekitar lahan “SA”. “UW” yang merupakan perwakilan dari para petani yang tanamannya rusak akibat ulah “SA” akhirnya melaporkan perbuatan “SA” kepada kami dan langsung kami tindak lanjuti bersama dengan perangkat kelurahan”, Ucap SA.

Lurah Ketapang Zainul Faruk menyampaikan bahwa permasalahan ini memang berawal dari ketidak sengajaan dari warganya. Zainul mengharapkan dengan mediasi ini semoga kedua belah pihak bisa menemukan solusi yang tepat agar permasalahan ini tidak panjang dan segera bisa teratasi.

“ Mari sama – sama kita mencari solusi agar masalah ini bisa segera selesai dan bapak – bapak bisa segera kembali beraktifitas seperti biasanya,” Ucap Lurah.

Mediasi ini pun diakhiri dengan sebuah kesepakatan antar kedua belah pihak yang berisikan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan cara kekeluargaan.