Sabtu, 22 September 2018

Antisipasi Jalur Rawan, Polisi Rutin Lakukan Patroli


Mulai dari Desa Pesisir hingga desa Banjarsari terbentang jalan raya pantura yang menjadi wilayah hukum Polsek Sumberasih. Jalur tersebut merupakan jalur yang bisa dikatakan rawan, baik laka lantas maupun ancaman tindak pidana lainnya. Untuk mengantisipasi serta mencegah ancaman gangguan keamanan dan ketertiban tersebut, secara rutin petugas Polsek Sumberasih melaksanakan patroli di wilayah tersebut.

Jalan raya yang cukup lebar tentunya bisa membuat pengendara memacu kendaraannya melebihi batas maximal, sehingga dengan kehadiran patroli polisi bisa menjadi peringatan bagi pengendara untuk lebih berhati-hati dan tidak lepas kontrol.

Begitu pula dengan ancaman tindak pidana lain, dengan kehadiran petugas patroli di jakan raya, akan membuat pelaku tindak pidana mengurungkan niatnya ketika melihat polisi ada di tengah masyarakat.

Patroli yang dilakukan tentunya tidak hanya dilakukan di satu lokasi saja. Namun dilakukan mulai dari pedalaman desa-desa hingga jalan raya.

Sampai di desa Banjarsari, petugas piket patroli yang sekaligus penjabat sementara Kanit Lantas Polsek Sumberasih Bripka Sujatmiko, SH, berhenti untuk melakukan dialog dengan satpam serta menejer rumah makan Bromo asri.

"Selain kami berpatroli berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain, kami juga melakukan dialog dengan warga, serta pihak satpam perusahaan ataupun rumah makan seperti disini ini. Dengan dialog ini diharapkan bisa menambah hubungan polisi dengan masyarakat bisa semakin dekat. Sehingga bila ada informasi apapun baik menganai keamanan dan ketertiban  bisa mereka sampaikan ke kami. Sebab kami selalu memberikan nomor kontak telepon yang mudah dihubungi apabila ada gangguan". Dijelaskan Bripka Sujatmiko.

Keakraban petugas patroli dengan pihak rumah makan Bromo asri tampak dari obrolan mereka, tidak canggung dan tidak kaku. Ini semua bisa diartikan bahwa dimana saja ketika berpatroli, polisi bisa menjadi kawan bagi siapa saja. Dari pihak manajemen, Bu Lia  juga mengucapkan terimakasih pada petugas.

"Banyaknya tamu yang masuk tentunya bisa mengundang pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya disini. Tetapi dengan adanya petugas patroli tentu mereka akan mengurungkan niatnya. Sekali lagi terimakasih." Ungkapnya.

Dengan keluwesan petugas kepolisian di lapangan, tentunya diharapkan bisa membawa perubahan baik dimata masyarakat. Dengan keluwesan dan pergaulan yang supel, kedekatan polisi terhadap masyarakat diharap pula bisa membuat kamtibmas tetap terpelihara.