Minggu, 16 September 2018

Dukung Pelestarian Budaya Indonesia, Kapolsek Hadiri Pagelaran Wayang Kulit


Wayang Kulit adalah salah satu warisan budaya bangsa kita. Budaya yang berasal dari tanah Jawa ini cukup polpuler di kalangan masyarakat. Adalah Pirukunan "Purwo Ayu Mardi Utomo" (PAMU) salah satu sanggar kesenian yang ada di Kota Probolinggo yang hingga kini masih melestarikan kebudayaan warisan bangsa yaitu Wayang Kulit dengan diasuh oleh sesepuh Mbah Guco.

Jum'at, 14 September 2018 bertempat di Halaman sanggar PAMU di Jl. Juanda Kota Probolinggo diadakan pegelaran wayang kulit dalam rangka memperingati 1 Muharram. Kegiatan ini sudah merupakan agenda tahunan yang mana ada beberapa rangkaian kegiatan. Seluruh elemen masyarakat dipersilahkan hadir juga instansi pemerintah pun d undang.

Kapolsek Mayangan Kompol Firman turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan sambutan sebelum acara wayang dimulai. Kapolsek juga menerima penyerahan wayang secara simbolis. "Karena kita lahir dan tinggal di Jawa, maka kita harus melestarikan budaya Jawa. Kita dari Kepolisian senantiasa mendukung. Kami akan mendampingi seluruh rangkaian kegiatan peringatan ini agar berjalan lancar sampai dengan selesai." Tutur Kapolsek.

Dalam kesempatan itu Kapolsek juga memperkenalkan diri dan menyapa masyarakat, karena beliau adalah orang baru di Probolinggo. Dan berharap agar pertemuan tersebut menumbuhkan rasa silaturahmi dengan masyarakat.

"Tentunya kita seneng ada kegiatan wayang seperti ini, selain hiburan ini adalah budaya yang harus kita jaga dan lestarikan." Ucap salah satu warga.