Jumat, 21 September 2018

Gelar Simulasi Pengamanan Pileg Dan Pilpres 2019, Polresta Peragakan Penanganan Unras


Jumat pagi,( 21/09/18 ) yang tenang di depan mako Polres Probolinggo tiba – tiba berubah menjadi “mencekam” ketika ada sekelompok massa yang menyerukan ketidakpuasan mereka terhadap hasil dari pemilu yang telah dilakukan. Tim negoisator dari Polres pun turun untuk berusaha menenangkan dan mengajak berdiskusi untuk menemukan solusi dari keluhan mereka. Namun, bukannya menjadi tenang, massa malah menjadi bertambah anarkis dengan melempari petugas yang sedang mengamankan aktivitas mereka. Kejadian tersebut membuat Kapolresta Probolinggo menurunkan pasukan dalmas lengkap dengan mobil watercannon untuk berusaha membubarkan massa yang melakukan unjuk rasa dengan cara anarkis.

Namun, kegiatan tersebut hanya merupakan latihan simulasi pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 yang dilakukan oleh Jajaran Polresta Probolinggo dalam rangka mempersiapkan diri menjelang proses pesta demokrasi yang sebentar lagi akan datang. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.IK, M.Hum tersebut berlangsung di tepat di depan mako Polresta Probolinggo dan dihadiri oleh para PJU Polresta dan beberapa instansi terkait yang terlibat dalam proses pengamanan pileg dan pilpres tahun 2019.

Kapolresta Probolinggo mengungkapkan simulasi ini merupakan materi latihan dalam pra operasi Mantap Brata 2019 yang kemudian diasumsikan apabila terjadi situasi di lapangan atau benturan, personel kepolisian sudah siap melakukan tindakan penegakan hukum secara bertahap. Juga untuk mematangkan pola atau sistem keamanan bilamana terjadi situasi yang tidak mendukung dalam tahapan Pemilu nanti. Kapolresta juga mengatakan Simulasi ini untuk memberikan pembekalan kepada seluruh anggota guna menghadapi situasi di lapangan. Mulai dari pungut suara sampai penghitungan suara.

" Jajaran kami akan mengamankan 605 TPS di wilayah Kota Probolinggo. Latihan serupa akan terus dilakukan untuk memastikan kesiapan personelnya menghadapi Pemilu mendatang," ungkap Kapolres Alfian.