Sabtu, 01 September 2018

Gelar UKP Beladiri, Kapolres : Agar Anggota Bisa Membela Diri Dalam Bertugas


Ujian beladiri Polri merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dilalui untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi semua anggota Polri. Bela diri Polri ini harus dikuasai oleh setiap anggota Polri dalam menunjang tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Kamis pagi, (30/08/18 ) bertempat di gedung serbaguna Mapolresta Probolinggo, tim penguji dari Polda Jatim telah  melaksanakan Ujian Bela diri terhadap 5 Polres yang berkumpul menjadi satu di mapolresta Probolinggo. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum ini dihadiri oleh Kompol Agus Setiawan selaku Kasubbag Pangkat Subbag Pangkat Biro SDM Polda Jatim, AKP Asep Kurnia selaku Paur Subbag Rohjas Biro SDM Polda Jatim, Personel Subbag Rohjas Biro SDM Polda Jatim, Paurlat serta Personel Subbagpers Bagsumda Polres Probolinggo Kota, Polres Probolinggo, Polres Lumajang, Polres Pasuruan Kota, dan Polres Pasuruan.

Adapun peserta yang akan melaksanakan kegiatan UKP beladiri ini terdiri dari 5 Polres dengan perincian Polres Probolinggo Kota sejumlah 31 orang, Polres Probolinggo sejumlah 51 orang, Polres Pasuruan Kota sejumlah 37 orang,  Polres Pasuruan sejumlah 88 orang serta Polres Lumajang sejumlah 41 orang.

Dalam sambutannya Kapolresta Probolinggo mengajak agar para anggota yang akan melaksanakan kegiatan ujian beladiri ini agar melaksanakan kegiatan ini dengan serius dan sungguh – sungguh. Kapolres juga menjelaskan bahwa beladiri merupakan salah satu elemen yang harus dikuasai bagi setiap anggota Polri agar apabila pada saat bertugas, terjadi sesuatu hal, anggota tersebut bisa membela diri dengan ilmu beladiri yang dikuasai.

“Kegiatan ini merupakan salah satu persyaratan agar anggota bisa melaksanakan kenaikan pangkat. Maka setiap anggota yang hendak mendapatkan kenaikan pangkat, harus hadir dan mengikuti kegiatan ini”, Ucap Kapolres.

Kapolres juga mengatakan mengatakan bahwa ujian Beladiri Polri tersebut tidak hanya untuk persyaratan kenaikan pangkat saja tetapi sangat bermanfaat dan berguna dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Personel yang sedang melaksanakan usul kenaikan pangkat (UKP) tidak dinaikan pangkatnya begitu saja tetapi selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap, yang bersangkutan juga harus mengikuti dan melaksanakan tes atau ujian seperti penelitian personil (Litpers), kesamaptaan jasmani (Kesjas) serta ujian Beladiri Polri seperti yang sedang dilaksanakan pada hari ini.

Dalam ujian beladiri Polri tersebut yang dinilai dari Tim Penguji yaitu Tekhnik Dasar Beladiri Polri, Tekhnik Beladiri Polri Tanpa Alat dan Tekhnik Beladiri Polri dengan Alat melawan alat. Materi Ujian tersebut harus dikuasai dan lulus dalam penilaian Tim Penguji.