Jumat, 19 Oktober 2018

Gelar FGD Dan Lomba Pidato Santri, Kapolres : Pemerintah Telah Akui Jasa Para Santri


Peringati Hari Santri Nasional, Polresta Probolinggo pada kamis pagi, (18/10/18) gelar Focus Group Discussion (FGD) bersama PCNU Kota Probolinggo dan lomba pidato santri dalam rangka hari santri yang ke-4 tahun 2018. Kegiatan yang bertempat di gedung serbaguna Polresta Probolinggo tersebut dihadiri oleh Pejabat utama Polres Probolinggo Kota, Tokoh Rois Jatman Probolinggo KH. Affandi Gozali, Ketua MWC NU Mayangan Ust. Muhtasar, Para Peserta lomba sebanyak +- 38 Santri, serta Para santri, Guru-guru / Ustadz dan ustadzah dari Pesantren sekolah madrasah Diniyah Kota Probolinggo sebanyak +- 200 orang.

Kapolresta dalam sambutannya mengungkapkan hari ini merupakan tahun ketiga Keluarga Besar Nahdlatul Ulama dan seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri. Hal tersebut seusai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober 2015 yang bertepatan dengan tanggal 9 Muharram 1437 Hijriyah merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. Kapolresta juga mengatakan Pemerintah Indonesia telah mengakui jasa para santri, hingga dijadikanlah tanggal 22 Oktober sebagai hari santri Nasional dan saat ini tiap-tiap pondok pesantren ramai merayakan hari tersebut sebagai hari yang sangat bersejarah.

“Terlepas dari itu semua hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana menjaga kedaulatan NKRI dan melindungi segenap tumpah air kita, dari berbagai macam bentuk penjajahan apapun, dan saat ini kita semua sadar mereka para penjajah mencoba menjajah kita dengan cara lain, dengan demikian marilah kita jaga bangsa kita dan tanah air kita. Khususnya kepada para santri mencoba untuk mengenang dan mempelajari arti sebuah perjuangan, yang diimplementasikan dengan pola masa yang seperti ini dan tentunya dengan tuntunan para Ulama kita yang kita cintai,” Ucap Kapolresta

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba pidato yang diikuti sebanyak 38 santri yang berasal dari pondok pesantren yang tersebar di wilayah hukum Polresta Probolinggo. Adapun para santri yang berhasil mendapatkan juara pada lomba pidato kali ini adalah Juara I berhasil diraih oleh M. Firdaus Ainullah dari PP. Riyadhus Sholihin (nilai 93), Juara II berhasil diraih oleh A. Nur Hidayat dari PP. Riyadhus Sholihin (nilai 89) dan Juara III berhasil diraih oleh Maulidiatus S. Dari PP. Nurul Hidayah (nilai 88)