Rabu, 17 Oktober 2018

Gerak Cepat Polsek Mayangan Bantu Pemadaman Kapal Terbakar Di Pelabuhan Kota Probolinggo


Sebuah Kapal Motor di Pelabuhan PPI Mayangan Kota Probolinggo terbakar, minggu (14/10/2018). Adalah Kapal KM Friends Tanjung Pinang milik Pengusaha Ationg yang beralamatkan di Jl. A. Yani Kel. Mayangan Kec. Mayangan Kota Probolinggo.

Kebakaran tersebut terjadi siang sekitar pukul 10.50.Wib diperkirakan akibat dari mesin penarik jaring yang dalam kondisi terlalu panas sehingga mengakibatkan konsleting dan menimbulkan percikan api dan asap. Kencangnya angin ditambah body kapal yang terbuat dari campuran fiber yang mudah sekali terbakar membuat api semakin membesar.

Mendapati laporan kebakaran tersebut, Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman Wahyudi bersama anggotanya langsung menuju ke lokasi dan menghubungi pemadam kebakaran. Empat mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas pemadam kebakaran dengan dibantu oleh Kapolsek Mayangan beserta anggotanya dan juga masyarakat sekitar berusaha keras memadamkan api, hingga pukul 13.10 api berhasil dipadamkan.

Kerusakan kapal tergolong sangat parah karena body dan mesin kapal 75% rusak terbakar. Sdr Alei selaku Nahkoda Kapal menjelaskan bahwa KM. Friends Tanjung Pinang tersebut sudah bersandar di PPI Mayangan sejak 1 minggu yang lalu untuk dilakukan perbaikan. Keadaan mesin sebelum terjadinya kebakaran dalam kondisi mati, namun diduga terjadi konsleting kabel listrik di bagian mesin penarik jaring sehingga muncul api. Taksiran kerugian kurang lebih 5 Milyar Rupiah.

“Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, kami bersama anggota bergerak cepat untuk menuju TKP”, Ucap Kapolsek.