Jumat, 26 Oktober 2018

Jadi Narasumber Kegiatan Kemitraan Bidan Desa Dan Dukun Bayi, Bhabin Harapkan Dukun Bayi Patuhi Aturan


Sebanyak delapan orang dukun bayi menyimak dengan seksama materi yang disampaikan bidan Susilowati, AMd. Keb., tentang evaluasi pelaksanaan program kemitraan Bidan desa dengan dukun bayi yang ada di tiap-tiap desa di Kecamatan Sumberasih yang kali ini dihadiri oleh dukun bayi dari 4 desa yaitu desa Pesisir, desa Lemah kembar, desa Sumurmati dan desa Jangur.

Kegiatan rutin yang diadakan setahun sekali ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para dukun bayi dimana proses kelahiran bayi hanya bisa ditangani oleh Bidan atau Dokter spesialis, sedangkan tidak untuk dukun bayi. Sebagaimana disampaikan oleh bidan Susi, bahwasanya dukun bayi bisa turut andil pasca kelahiran yaitu membantu memandikan bayi.

Bhabinkamtibmas desa Pesisir Bripka Eko yang turut hadir, dalam sambutannya berpesan dan "mewanti-wanti" supaya para dukun bayi benar-benar mematuhi aturan sebagaimana disampaikan Bu Susi untuk mencegah hal-hal yang bisa mengakibatkan kesalahan dalam penanganan ibu hamil serta setelah kelahiran.

"Ibu-ibu dukun bayi sekalian, mohon tidak disalah artikan kehadiran kami ini baik Bhabinkamtibmas maupun Babinsanya. Kami ini selaku mitra bidan desa juga mitra anda semua sebatas turut membantu mensosialisakan kegiatan ini. Kalaupun ada persoalan silakan disampaikan mumpung ada bu Susi". Ujar Bripka Eko.

"Terimakasih ibu-ibu sekalian telah hadir juga Pak Eko dan Pak Abdullah yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga yang telah kami sampaikan bisa diterima, begitu juga dengan kerjasama yang baik ini semakin meningkatkan kesehatan ibu dan bayi juga bisa menurunkan resiko kematian ibu dan bayi, bukan maksud menolak takdir, bila kita sudah berusaha maksimal tapi kenyataan berkata lain, itu sudah kehendak yang Kuasa". Pungkas bidan Susi dalam sambutannya.