Rabu, 03 Oktober 2018

Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar, Kasat Binmas : Peran Masyarakat Juga Dibutuhkan


Pemberantasan pungli merupakan salah satu atensi dari kepolisian agar tidak secara bebas terjadi di sekitar masyarakat. Namun, masyarakat juga memiliki peran yang besar untuk mendukung kepolisian dan seluruh instansi yang terkait untuk bisa membersihkan kegiatan pungli yang masih ada di sekitar kita. Dengan semangat ini, rabu pagi, ( 03/10/18 ) Kasat Binmas Polresta Probolinggo AKP Harsono bersama dengan Kapolsek Kademangan Kompol Toyib melaksanakan kegiatan " Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar " yang bertempat di Pendopo Kel. Triwung kidul, Kec. Kademangan, Kota Probolinggo.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil ketua Inspektorat , Lurah Triwung Kidul, Babinkamtibmas , Babinsa , Tokoh Agama , Tomas, Toda dan  Ketua  RT dan RW se - Kel , Triwung Kidul mendapat sambutan yang hangat dari warga.  Puluhan warga dari kelurahan Triwung terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh para narasumber dalam kegiatan ini.

Dalam  kesempatan ini, Kasat Binmas Polresta Probolinggo mengungkapkan bahwa Pungli  dapat merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu adanya upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan mampu menimbulkan efek jera. Kasat Binmas juga mengatakan, bahwa kegiatan pungli bisa berakibat meningkatnya biaya ekonomi, merusak tatanan masyarakat, menghambat pembangunan, merugikan masyarakat serta menimbulkan  ketidakpercayaan warga masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karena itu, kasat juga menyebutkan di Kota Probolinggo ini juga sudag terbentuk satgas saber pungli yang juga tentunya sudah melaksanakan kegiatan pencegahan dan monitoring terhadap adanya potensi pungli di wilayah kota Probolinggo

“Tentunya, apabila diantara hadirin yang hadir memiliki informasi tentang adanya praktek pungli, jangan sungkan untuk menginformasikan kepada kami . Akan kami tindaklanjuti”, Ucap Kasat.