Kamis, 01 November 2018

Antisipasi Isu Penculikan Anak, Kasat Binmas Berikan Arahan Untuk Para Bhabin Turun Ke Sekolah


Maraknya berita tentang penculikan anak yang menyebar melalui media massa disikapi oleh Polresta Probolinggo, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, S.H., S.I.K., MHum., melalui Kasat Binmas Polresta AKP Harsono memerintahkan pada para Bhabinkamtbmas nya untuk turun ke masyarakat terutama ke sekolah-sekolah untuk memberikan himbauan tentang berita penculikan anak yang telah menyebar.

Kepada tim Tribratanews, Kasat Binmas mengatakan bahwa Sat. Binmas Polresta Probolinggo sudah memberikan arahan kepada para bhabinkamtibmas di jajaran polsek untuk turun memberikan binluh ke sekolah – sekolah yang ada di wilayah masing – masing untuk menjelaskan dan memberikan klarifikasi terkait dengan isu penculikan yang saat ini sedang marak. Kasat Binmas juga memberikan himbauan kepada Guru dan kepala sekolah serta orang tua wali Murid agar tetap selalu memberikan perhatian pengawasan dan kewaspadaanya kepada putra/putrinya Agar selalu tetap tenang, serta tidak mudah terpengaruh menerima berita- berita yang tidak jelas kebenaranya (Hoax) yang dapat menimbulkan keresahan serta gangguan kamtibmas lainya.

“Hoax tentang penculikan ini memang harus segera kita sikapi agar tidak bertambah luas sehingga menimbulkan keresahan dikalangan warga masyarakat. Banyaknya warga yang menshare tanpa menyaring sebuah berita merupakan salah satu faktor yang menyebabkan isu ini cepat berkembang”, Ucap kasat binmas.

Menanggapi arahan tersebut seluruh bhabinkamtibmas di jajaran Polresta Probolinggo pada rabu pagi(31/10/18) pagi turun ke sekolah – sekolah yang ada di wilayah masing – masing untuk memberikan binluh tentang maraknya isu penculikan yang beredar luas di masyarakat.

Salah satunya, Bripka Eko yang merupakan Bhabinkamtibmas desa Pesisir Kec. Sumberasih menyampaikan himbauan pada murid-murid di SDN Pesisir 2 Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Mengambil tempat di halaman sekolah, guru-guru menyiapkan seluruh muridnya mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6.

"Terimakasih kami ucapkan kepada pihak sekolah yang telah memberikan waktu sehingga pagi ini kami dari kepolisian bisa sampaikan himbauan. Anak-anak sekalian, jumpa lagi dengan Pak Eko ya, kali ini akan sampaikan himbauan tentang berita penculikan anak. Jadi berita yang beredar belum ada kebenarannya, namun demikian, kita semua juga harus tetap waspada dan berhati-hati. Pulang sekolah langsung pulang jangan bermain-main ya, jangan mau bila ada orang tidak dikenal mengajak kalian. Sampaikan juga pada orang tua kalian, jika dapat kiriman berita penculikan anak melalui media sosial jangan mudah percaya juga jangan dikirim lagi ke orang lain.Silakan dikonfirmasi pada orang yang lebih tahu, bisa juga bertanya ke kepolisian. Demikian ya, silakan melanjutkan belajar dan semoga bermanfaat apa yang kami sampaikan". Disampaikan Bripka Eko dalam himbauannya.