Jumat, 23 November 2018

Antisipasi Isu Yang Beredar Di Medsos, Kapolres Dan DKUPP Sidak Pedagang Buah


Jajaran Polresta Probolinggo yang dipimpin langsung oleh AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum bersama dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Probolinggo (DKUPP) melaksanakan kegiatan inpeksi mendadak (sidak) kepada para pedagang buah musiman yang mangkal di ruas-ruas jalan. Kegiatan ini  dilakukan mulai dari Jalan Cokroaminoto hingga Jalan Mastrip pada kamis siang, (22/11/18).

Kapolres Probolinggo Kota,AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, Bahwa kegiatan sidak tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti adanya isu yang beredar di masyarakat melalui medsos tentang perbedaan ukuran alat timbangan dan adanya kandungan formalin pada buah impor yang dijual di sepanjang Jl. Cokroaminoto dan Jl. Mastrip Kota Probolinggo.

“Makanya kami melakukan pencegahan dini sekaligus mengambil sampel untuk meyakinkan benar atau tidaknya terindikasi obat pengawet formalin,” paparnya.

Alfian mengungkapkan, bahwa sampel yang dibawanya untuk dikirim ke Dinkes guna dilakukan pengecekan di laboratorium.

“Pengawasan perlindungan konsumen produk makanan sudah menjadi kewenangannya, namun pihaknya memiliki hak dan kewajiban membantunya memberikan perlindungan kepada konsumen dalam menjaga dan mengawasi semua produk makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Kota Probolinggo,” terangnya.

Sementara itu,Kepala DKUPP Kota Probolinggo, Gatot Wahyudi mengatakan,terkait hal tersebut, langkah berikutnya setelah dilakukan pengecekan di Laboratorium Dinkes, dan kemudian benar terbukti mengandung obat pengawet formalin. Maka pihak kami,DKUPP akan berkoordinasi dengan semua dinas terkait, untuk melakukan operasi gabungan ke tempat-tempat tertentu yang akan dijadikan target operasi,” tegasnya.

Salah satu pembeli, Joko membenarkan hal tersebut. Ia bilang bahwa dirinya sering membeli buah Anggur di pinggir-pinggir jalan. Dilihat dari ranting dahan buah anggur sudah terlihat kering,namun buanya masih terlihat segar tidak layu.,”terangnya.