Selasa, 06 November 2018

Dampingi Mahasiswa Universitas Brawijaya Tanam Mangrove, Bhabin : Semoga Bisa Tumbuh Dengan Baik


Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya April 2018 digunakan sebagai lokasi praktikum oleh para mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, kini di lokasi yang sama, mereka akan mengadakan penanaman mangrove di tepian pantai desa Pesisir.

Dengan didampingi dosen, Dr. Ir Umi zakiyah M.Si, sebanyak 40 orang mahasiswa UB telah datang di desa Pesisir Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo pada  minggu pagi (04/11/18). Selain rencana penaman mangrove, mereka juga memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang penting dan manfaat tanaman mangrove kepada murid-murid di SDN Pesisir 2 serta pada masyarakat sekitar.

Kegiatan yang sangat positif ini juga di dukung pihak pemerintahan desa Desa Pesisir baik Kades serta perangkatnya. Tidak ketinggalan Bhabinkamtibmas serta Babinsa turut serta dalam kegiatan tersebut.

"Bukan tanpa alasan ya kenapa kami melakukan penanaman mangrove, sebagaimana kita ketahui begitu banyaknya manfaat mangrove ini yaitu diantaranya sebagai habitat binatang liar, perlindungan dari bencana alam, sarana pendidikan dan penelitian, sebagai tempat wisata dan tentunya masih banyak manfaat lain bagi kehidupan." Dijelaskan Dosen Ummi sebelum melaksanakan penanaman.

Dari sekitar 2.500 batang bibit mangrobe telah disiapkan oleh bapak Laksono Wibowo. Jika melihat dari luasnya lahan dan banyaknya bibit yang akan ditanam serta teriknya matahari tepat jam 12.00 Wib , mungkin akan muncul perasaan gamang untuk memulai menanam. Tapi semua itu sirna oleh semangat baik dosen, mahasiswa dan unsur-unsur lain yang turut dalam kegiatan tersebut.

"Jadi kehadiran kami ini bukan semata-mata pengamanan, tapi turut serta dalam penanaman mangrove ini. Semoga ini bisa tumbuh dengan baik agar bisa mendapat manfaat sebagaiamana disampaikan ibu Ummi tadi. Kepada warga juga siapa saja yang sehari-hari mencari kerang maupun kepiting di pantai ini, mari kita jaga dan rawat. Terimakasih kami sampaikan pada semua pihak, baik Universitas Brawijaya maupun pak Bowo yang telah mengadakan penanaman mangrove di pantai Desa Pesisir ini." Ujar Bripka Eko.

Kegiatan yang berakhir pada sore menjelang senja tersebut ditutup dengan berkumpul di balai desa Pesisir. Sebelum acara bubar dan kembali ke Malang, Dr. Ir Umi zakiyah M.Si menyampaikan "terimakasih pada semua pihak yang telah membantu hingga kegiatan penanaman mangrove terlaksana dan berjalan lancar. Serta silakan nanti yang disini, pak Eko atau pak Martono disambangi dan dijaga tanamannya supaya bisa tumbuh dengan baik." Pungkasnya.

Melestarikan lingkungan hidup, bukan kewajiban pemerintah semata. Mari rawat bumi ini, sebab alam juga akan melindungi kita.