Senin, 19 November 2018

Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolsek Ajak Aktifkan Kembali Kentongan

Sinergitas antara POLRI dengan TNI harus selalu tetap terjaga di semua elemen demi terciptanya situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Senin,(19/11/18)bersama Komandan Koramil 06 Sumberasih Kapten Samsuri, Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi, SH., M.Hum., melaksanakan silaturahmi sekaligus koordinasi dengan Kepala Desa Jangur Sdr. Agus Haryono terkait dengan situasi kamtibmas di desa.

Ditemui Kades Agus beserta perangkatnya di ruang Balai Desa Jangur, baik Kapolsek juga Komandan Koramil berbincang ringan perihal keamanan. Situasi desa sebagaimana diketahui bersama, memang relatif aman. Untuk mengantisipasi akan adanya ancaman gangguan keamanan dan juga tindak pidana  pencurian, baik pencurian hewan maupun pencurian dengan pemberatan jenis lainnya, Kapolsek mengajak Kades serta perangkatnya untuk kemudian selanjutnya disampaikan kepada warganya, tetap tingkatkan kewaspadaan dan menjaga kekompakan warga apabila melihat orang mencurigakan ataupun sedang melakukan tindak pidana. Kapolsek mempersilakan untuk segera menghubungi polisi secepatnya bila ada ancaman gangguan kamtibmas, untuk memudahkan masalah tertangani.

“Siskamling harus tetap dilaksanakan secara teratur. Hal tersebut akan sangat membantu untuk tetap bisa menjaga situasi kamtibmas di desa tetap aman dan kondusif”, Ucap Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek juga mengajak untuk mengaktifkan kembali kentongan. Meskipun alat ini tergolong tradisonal, tetapi tetap bisa dimanfaatkan sebagai alat efektif untuk memberi tanda pada warga sekita akan adanya sebuah ancaman gangguan masyarakat maupun telah terjadi tindak pidana. Karena selain itu juga ada tanda kentongan apabila ada bencana alam, pembunuhan maupun ketika ada orang meninggal. Sehingga dengan adanya tanda kentongan tersebut sebagai peringatan, juga bisa diartikan sebagai tanda untuk menghimpun masyarakat ketika keadaan darurat.

“Di setiap pos kamling, harus ada kentongan. Jadi apabila ada hal – hal yang darurat, bisa membunyikan kentongan tersebut untuk sebagai tanda peringatan bagi warga”, Kata kapolsek.

Kades Jangur berharap semoga kegiatan kegiatan silaturahmi oleh para pejabat Muspika semacam ini akan berkesinambungan sehingga bisa dijadikan pendorong semangat baik kades serta perangkat dan warganya. 

“Sering – sering pak melaksanakan kegiatan ini. Karena warga itu senang pak apabila ada bapak Polisi dan bapak tentara yang berkunjung ke desa”, Kata Kades.

Bila pimpinan telah memberikan contoh baik, berikutnya anggota akan segan bila hanya berpangku tangan. Keamanan dan ketertiban masyarakat tercipta bukan karena kebetulan, tapi itu semua bisa diupayakan. Dengan bersinergi, setiap permasalahan niscaya akan bisa diatasi.