Kamis, 01 November 2018

Prosesi Pedang Pora Sambut Kedatangan Wakapolresta Baru


Rangkaian acara pergantian wakapolresta Probolinggo telah dimulai. Kegiatan tersebut diawali dengan para perwira polres Probolinggo Kota yang menyambut kehadiran Wakapolresta Probolinggo baru dengan prosesi Pedang Pora. Penyambutan Wakapolres baru tersebut dilakukan mulai dari gerbang selatan Polres Probolinggo Kota hingga menuju depan lobby polres, Kamis (01/11/18).

Dalam kegiatan tersebut, Wakapolresta yang baru Kompol Imam Pauji diberikan kalung bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di tempat tugas yang baru. Tradisi itu dilakukan sebagai ucapan selamat datang untuk Wakapolres yang baru. Sejumlah perwira polisi membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk mapolres sambil menghunus pedang.

Wakapolres beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira tersebut. Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang. Diiringi musik dan taburan bunga kapolres melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Hal itu sebagai tanda, tongkat komando Wakapolres Probolinggo Kota berpindah dari Kompol Djumadi yang bergeser menjadi Wakpolres Magetan kini digantikan Kompol Imam Pauji yang sebelumnya menjadi Wakapolres Bangkalan .

Setelah tradisi pedang pora selesai, dilakukan laporan kesatuan dari Kompol Djumadi Wakapolres lama kepada  Wakapolres baru Kompol Imam Pauji. Laporan kesatuan disampaikan untuk memberikan gambaran situasi Polres Probolinggo Kota.