Selasa, 27 November 2018

Takut Dengan "Tingkah Laku" Suami, Warga Mengadu Pada Bhabinkamtibmas


Raut wajah cemas tampak begitu kuat menghiasi wajah ibu SA(inisial) ketika mengadukan permasalahannya kepada perawat desa di Polindes yang terletak di kantor Desa Pesisir kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo. Seakan ingin masalah segera tertangani, “SA” tampak terburu-buru dan meminta untuk segera ditangani.

Adalah suaminya (SR) yang akhir-akhir ini kejiwaannya terganggu sehingga SA serta anaknya khawatir makin parah dan tidak tertolong. SR, dikatakan istrinya beberapa hari ini bicara sendiri tanpa sebab dan menjadi tempramental.

Merespon permasalahan tersebut perawat Sdr. Riyaldi AMd. Kep., bersama Bhabinkamtibmas Bripks Eko,  Babinsa Serda Abdullah, perangkat desa Sdr. Haris,  mendatangi rumah SA.

Bertemu dengan keluarganya, tampak raut wajak sedikit sumringah yang menandakan bathinnya sedikit tenang melihat kedatangan petugas menanggapi aduannya.
Secara fisik tidak tampak ada permasalahan yang dialami SR. Namun ketika ditanya, SR menjawab bahwa akhir-akhir ini selalu ada bisikan, tapi baiknya bisikan tersebut adalah bisikan untuk selalu beribadah dan berdzikir. Dan bila itu tidak dilakukan maka akan dibuat menderita semacam menggembel oleh bisikan tersebut.

"Pak, apapun yang dialami, tolong ya jangan sampai menyakiti fisik pada orang lain, terutama istri dan anak sampean. Itu bahaya dan merugikan diri sendiri dan orang lain juga. Silakan kalau ada persoalan, lebih baik dibicarakan dengan istri, jangan diam sendiri. Juga sampean bu, suaminya diajak komunikasi supaya tidak merasa sepi. Juga kalau suaminya ada gejala lagi silakan segera mengadu, bisa melalui RT atau datang langsug ke Polindes, nanti akan ditindaklanjuti oleh perawat". Ujar Bripka Eko pada keluarga SR.

Dikatakan Riyaldi, "pak ini saya beri obat tolong diminum ya, semoga saja bisikan-bisikan yang menurut sampean mengganggu tidak ada lagi. Silakan bersosialisasi jangan hanya diam dikamar". Disampaikan Rialdi yang dijawab dengan kesanggupan SR dan istrinya untuk rutin minum obat.