Jumat, 28 Desember 2018

Amankan Kegiatan Petik Laut Dan Larung Sesaji, Kapolsek Kerahkan Puluhan Anggota


Setiap terdapat kegiatan masyarakat di sebuah daerah, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi anggota kepolisian untuk hadir dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam kegiatan tersebut. Sepert yang dilaksanakan oleh jajaran Polsek Tongas pada kamis, (27/12/18) pagi. Dipimpin langsung oleh Kapolsek Tongas AKP Tavip  Haryanto, kegiatan “Tasyakuran Petik Laut dan Larung Sesaji” yang Bertempat di Dusun Medoan Desa Tongas Wetan Kecamatan Tongas tersebut dihadiri oleh ratusan warga yang setiap tahun melaksanakan kegiatan yang merupakan bentuk syukur dari warga atas hasil laut yang berlimpah.

“Kami menurunkan puluhan anggota kami dalam kegiatan ini untuk memastikan kegiatan petik laut pada tahun ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” Ucap Kapolsek saat ditemui di lokasi.

Kapolsek juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan warga Dusun Medoan karena merupakan wujud sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,  dimana telah diberikan hasil laut berupa ikan yang melimpah.  Dan kegiatan tersebut sudah menjadi sebuah kebudayaan nelayan sebagai bentuk untuk meminta keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa diwaktu bekerja di laut.

“Kegiatan ini setiap tahun dilakukan oleh warga Desa Tongaswetan”, Kata Kapolsek.

Kapolsek juga menjelaskan bahwa kegiatan Kirab dimulai dari pertigaan Dusun Medoan (pertigaan KH Damar Jati dan berjalan menuju muara sungai/laut di Dusun Medoan). Kirab berbentuk jalan kaki dengan mengarak profil perahu yang akan dilarung di lautan.  Arak- arakan tersebut diiringi dengan tari-tarian,  iring2an warga berpakaian nelayan dan adat,  kemudian diakhir rombongan ditutup oleh iring-iringan drumband. Sedangkan untuk kegiatan Larung sesaji, dilaksanakan di muara sungai/laut Dusun Medoan dan sebagai pemberhentian akhir Kirab. Profil perahu di masukkan muara sungai untuk dibawa ke tengah laut. Prosesi larung sesaji berupa profil perahu diiringi oleh nelayan Dusun Medoan dengan memakai - + 40 perahu nelayan yg telah dihias.

“Semua titik yang dianggap perlu pengamanan, kami sudah menempatkan anggota kami. Semoga kehadiran kami bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat,” Ucap kapolsek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar