Kamis, 13 Desember 2018

Antisipasi Gangguan Keamanan Pada Natal Dan Tahun Baru, Polres Gelar Rakor Ops Lilin Semeru 2018


Menjelang datangnya hari Natal dan tahun baru 2019, jajaran Polresta Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.hum melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi bersama Instansi terkait dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2018, rabu(12/12/18) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rupatama Sanika Satyawada Polres Probolinggo Kota tersebut dihadiri oleh Perwakilan Kodim 0820 Probolinggo, , Perwakilan Pengadilan Negeri Kota Probolinggo, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, Perwakilan Dansub Denpom V Probolinggo,  MUI Kota Probolinggo, y. Sulton, Ketua FKUB Kota Probolinggo, Ka Dishub Kota Probolinggo, Satpol PP Kota Probolinggo, BPBD Kota Probolinggo, BPBD Kab. Probolinggo, Perwakilan Dinkes Kab. Probolinggo, Perwakilan Dinkes Kota Probolinggo, PCNU Kota Probolinggo,  Banser Kota Probolinggo, Perwakilan Pelaku usaha -+ 12 orang, Perwakilan Gereje se Kota Probolinggo -+ 14 orang serta para PJU Polres Probolinggo Kota.

Dalam kesempatan ini, Kapolres mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan persiapan Operasi Lilin Semeru 2018 dengan tujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan pada perayaan Natal dan Tahun Baru karena toleransi antar umat beragama itu sangat penting agar terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif. Kapolresta juga menjelaskan bahwa untuk menciptakan kondusifitas jajaran Polresta selalu duduk bersama dengan para Tokoh agama maupun Tokoh masyarakat karena jajaran polresta juga membutuhkan saran dan masukan agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Kami sebagai Kapolres terus melaksanakan kegiatan antisipasi agar jangan sampai di Kota Probolinggo terjadi tindakab Radikalisme, maka dari itu kami dari Kepolisian selalu berusaha untuk siap dalam mengamankan kegiatan apapun”, Ucap Kapolres.

Ketua FKUB, Halim, dalam kegiatan ini juga mengungkapkan bahwa toleransi antar umat beragama itu sangatlah penting karena bisa meciptakan situasi yang aman dan tertib. Halim juga mengucapkan memang pada bulan Desember ini memang banyak kegiatan ibadah untuk umat nasrani, oleh karena itu jajaran FKUB akan selalu mendukung karena kerukunan antar umat beragama itu sangatlah indah.

“Sekali lagi saya sangat apresiasi dan kagum kepada Polres Probolinggo Kota, karena setiap hari Minggu di gereja - gereja selalu ada pihak Kepolisian yang mengamankan”, Ucap Ketua FKUB.

Dalam kegiatan ini pun telah tercapai sebuah kesepakatan bersama yang pada intinya berisi guna terciptanya Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota dalam rangka perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Polres Probolinggo Kota bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Probolinggo, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Probolinggo, Ormas Keagamaan Kota Probolinggo, Pelaku Usaha dan Elemen Masyarakat Kota Probolinggo berkomitmen untuk mewujudkan sikap Toleransi, Kerukunan  dan saling menghargai antar umat beragama guna menciptakan situasi Kota Probolinggo yang aman dan kondusif.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar