Jumat, 21 Desember 2018

Antisipasi Perayaan Natal Dan Tahun Baru 2019, Polisi Laksanakan Gelar Pasukan Ops. Lilin Semeru 2018


Kepolisian Resort Probolinggo Kota resmi menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin Semeru 2018”.  Berlakunya operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 ini ditandai dengan penyematan pita operasi kepada perwakilan dari Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP dalam Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di depan Mapolresta Probolinggo. Jumat (21/12/18) pagi.

Bertindak selaku pimpinan Apel adalah Kapolres Trenggalek AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K., M.Hum . dengan perwira apel Kompol Bunari selaku Karendalops. Sedangkan komandan apel dipercayakan kepada Kasat Sabhara AKP Hermawan Tjahyono.

Hadir pula dalam kegiatan yang mengambil tema `Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2018 Dan Tahun Baru 2019` tersebut antara lain jajaran Forkopimda, DPRD Kota Probolinggo, FKUB, MUI, personel TNI dari Kodim 0820 Probolinggo, personel Polres dan Polsek, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan, Senkom Polri, Orari, serta komunitas sepeda motor.

Dalam sambutannya, Kapolresta membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menjelaskan bahwa Operasi Lilin 2018 secara nasional digelar selama 10 hari terhitung sejak tanggal 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Namun khusus 13 Polda Prioritas termasuk Polda Jatim di laksanakan selama 12 hari dimulai tanggal 21 Desember 2018.

Lebih lanjut dijelaskan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
“Situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.” Ujar Kapolres dihadapan peserta upacara

Kapolres juga mengatakan bahwa perayaan natal dan tahun baru ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan. Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian bersama .

Oleh karena itu seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar. Soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan.

“Terkait dengan kelancaran arus mudik dan arus balik, dengan telah terbangunnya jalan tol di sepanjang Pulau Jawa, maka potensi kemacetan dan kecelakaan dalam pengamanan Operasi Lilin 2018 kali ini, cenderung lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini jangan membuat kita lengah, untuk itu lakukan monitoring dan pengamanan pada titik rawan kemacetan dan kecelakaan yang telah dipetakan, serta laksanakan manajemen dan rekayasa arus lalu lintas yang tepat” Pungkas Kapolresta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar