Rabu, 19 Desember 2018

Peringati Hari Bela Negara, Kapolres : Tanamkan Nasionalisme Untuk Masyarakat


Peringati hari Bela Negara ke – 70, Jajaran Polresta Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum beserta dengan jajaran Kodim 0820 dan berbagai tokoh lintas agama melaksanakan kegiatan Upacara Bela Negara untuk Kemakmuran Rakyat tahun 2018, rabu,(19/12/18) pagi. Bertempat di gereja GPIB Jemaat Imanuel (Gereja merah) Jl  Suroyo No. 12 Kota Probolinggo, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua FKUB Kota Probolinggo Bpk. Abdul Halim, Ketua MUI Kota Probolinggo K.H Nizar Irsyad, PJU Polresta,  Perwakilan Umat Katholik,  Perwakilan umat Konghucu, Perwakilan umat Kristen protestan, Perwakilan umat Hindu,  Ketua Banser Kota Probolinggo Sdr. Ibus, Perwakilan Pramuka, Perwakilan Santri serta  1 (satu) peleton TNI Kodim 0820 Probolinggo dan  2 Ssk Personil Polres Probolinggo kota.

Dalam kesempatan ini, Kapolresta yang menjadi  Inspektur Upacara , membacakan amanat Presiden Republik Indonesia yang berisi definisi Bela negara merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata,  namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap Aparatur negara baik sipil maupun militer yang tengah berjuang melakukan tugasnya dipelosok tanah air sesungguhnya juga merupakan bentuk dari sebuah kegiatan Bela negara. Kapolresta juga menjelaskan bahwa kegiatan upacara ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme seluruh elemen masyarakat kota Probolinggo sehingga dapat menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Bela negara adalah kerjasama segenap elemen bangsa dan negara,  bukan hanya pemerintah apalagi sekedar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja.  Bela negara terutama adalah wadah,  peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat,  dunia usaha,  dunia pendidikan,  media hingga tokoh pemuda,  agama semua bisa dan wajib ikut serta sesuai bidang profesi masing – masing,” Ucap Kapolres.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar