Selasa, 22 Januari 2019

Antisipasi Pileg Dan Pilpres 2019, Polisi Dan Instansi Terkait Bentuk Posko Anti Hoax


Kepolisian resort kota Probolinggo yang dipimpin oleh Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum terus melaksanakan persiapan sebagai langkah antisipasi pelaksanaan pileg dan pilpres tahun 2019 agar bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Senin, (21/01/19) Kepolisian bersama dengan instansi terkait melaksanakan kegiatan Rapat koordinasi pembentukan Posko Informasi Terpadu Anti Hoax, Ujaran Kebencian dan SARA Pemilu 2019 Kota Probolinggo.

Bertempat di ruang Rupatama Santika Satyawada Polres Probolinggo Kota, kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, SE, M.IPol, Walikota Probolinggo diwakili oleh Kabag Humas Pemkot Probolinggo Dra Mardi Prihatini, Waka Polres Probolinggo Kota Kompol Imam Pauji, SH, beserta PJU Polres Probolinggo Kota, Ketua MUI Kota Probolinggo KH. Nizar Irsyad, Ketua FKUB Kota Probolinggo Bpk. Dr. H. Abd Halim, Kabid Pengelolaan Informasi Publik Bpk. Erwan Kiswandoko, SP, MM, Komisioner KPU Kota Probolinggo divisi hukum Sdr. Tirmizdi, SH, beserta staf serta Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Sdr. Azam Fikri, SH.

“Kesempatan pertemuan ini kami sepakat untuk melakukan sinergitas dan integritas dalam tugas masing-masing, sehingga penyelenggaraan Pemilu dapat berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia”, Ucap Kapolres.

Dalam pembukaannya, Kapolres juga mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran para undangan dalam kegiatan ini. Kapolres juga menjelaskan bahwa dibentuknya posko layanan informasi terpadu Pemilu sebagai upaya antisipasi karena pada tanggal 17 april 2019 akan diselenggarakan Pemilu serentak yaitu Pilpres dan Pileg, merupakan sejarah Pemilu di Indonesia karena baru pertama kalinya Pilpres dan Pileg dapat digelar secara bersamaan. Selain sebagai langkah antisipasi, posko ini juga bertujuan untuk menghindari penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan sara, karena perkembangan saat ini di medsos terkait dengan Pemilu banyak konten negatif dan tidak memberikan edukasi, sehingga setelah dibentuk posko ini jika ada info yang msh membingungkan maka masyarakat bisa langsung mengakses posko informasi terpadu nanti bisa langsung di jawab oleh pihak yang berkompeten.

“Polres Probolinggo Kota selalu siap untuk memberikan pelayanan dan pengamanan khususnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2019”, Ucap Kapolres.

Dalam kesempatan ini, Divisi Hukum KPU Kota Probolinggo, Tirmizdi, SH. Menjelaskan bahwa dengan adanya posko informasi terpadu ini dapat membantu tugas KPU dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat karena pada Pemilu 2019 setiap orang yang datang ke TPS diberikan 5 lembar surat suara yaitu untuk Pilpres, DPR, DPD, DPRD Prop dan DPRD Kota/Kab. Tirmidzi juga mengungkapkan penyebaran berita hoax sangat meresahkan masyarakat, termasuk berita hoax adanya surat suara sebanyak 7 countener yg sdh dicoblos salah satu Paslon.

“Kami sangat mengapresiasi ada ide pertemuan ini, semoga kedepannya bisa memberikan edukasi masyarakat terkait dengan Pemilu”, Ucap Tirmidzi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar