Rabu, 30 Januari 2019

Antisipasi Teroris Dan Paham Radikal, Kasat BInmas : Masyarakat Sebagai Ujung Tombak Deteksi Dini


Jajaran Polres Probolinggo Kota terus melakukan langkah antisipasi untuk mencegah terorisme dan paham radikal berkembang di wilayah hukum Polresta Probolinggo. Rabu (30/01/19) pagi, jajaran Satbinmas Polresta yang dipimpin oleh AKP Suharsono berkesempatan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan binluh  kelompok sadar hukum kelurahan tentang  Wawasan Kebangsaan dalam menangkal paham radikal dan terorisme. Bertempat di pendopo kelurahal Kedungasem kecamatan Wonoasih kota Probolinggo, kegiatan ini dihadiri oleh Kabag Hukum Pemkot Probolinggo, Lurah Kedung Asem,  Para RT dan RW seKelurahan Kedungasem serta para Toga dan Tomas.

Dalam kesempatan ini, Kasat Binmas menjelaskan bahwa masyarakat sebagai ujung tombak deteksi dini di setiap lingkungan masing – masing. Hal tersebut bisa dilakukan dengan apabila mengenal orang yang berada disekitar lingkungan kita dengan baik. Dan apabila ada yang mencurigakan, segera dilaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang khususnya 3 Pilar , ( Lurah , Bhabinkamtibmas,dan Babinsa ) sebagai upaya cegah tangkal kelompok radikal maupun teroris. Kasat juga mengatakan jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita di Medsos yang banyak menyebarkan berita bohong serta isu negatif yang bisa menimbulkan keresahan.

“Saat ini kita harus selalu mengenal orang – orang yang berada di sekitar kita. Identitasnya siapa, kerjanya dimana, sehari – hari kegiatannya seperti apa. Hal tersebut diperlukan bukan dalam artian kita mencurigai setiap orang, namun sebagai antisipasi dini apabila ada orang yang mencurigakan, bisa segera dilaporkan dan ditindaklanjuti oleh bhabinkamtibmas kami dan babinsa beserta dengan perangkat kelurahan ”, Ucap Kasat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar