Senin, 21 Januari 2019

Berikan Edukasi Tentang Instalasi Listrik Yang Benar, Kapolres Sampaikan Belasungkawa Kepada Keluarga Korban


Polresta Probolinggo bergerak cepat untuk mencegah tragedi meninggalnya empat warga kelurahan Jati kecamatan Mayangan kota Probolinggo yang tersengat listrik pada saat hujan deras melandan kota Probolinggo. Bertempat di Jl.Sunan kalijogo Rt.02 Rw.01 kel.Jati Kec.Mayangan Kota Probolinggo Polresta Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum tersebut mengadakan kegiatan silaturrahmi sekaligus sosialisasi dan edukasi oleh Kapolres Probolinggo Kota dan Tim dari PT.PLN Kota Probolinggo tentang instalasi listrik yang benar kepada warga masyarakat Rt.02 Rw. 01 kel.Jati kec.Mayangan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sdr.Kadek dan sdr.Arif Tim dari PLN kota Probolinggo, Kapolsek Mayangan Kompol A.Firman Wahyudi ,SE,.S.H, Camat Mayangan M.Abas S.sos, Lurah Jati Endah S.STP, Ketua Rw 01 kel.Jati sdr.Malik, Ketua Rt.02 kel.Jati,  Warga Rt.02 Rw.01 kel.Jati -+ 20 orang serta Para Keluarga korban.

“Turut berduka cita dan bela sungkawa kepada keluarga korban yg mengalami musibah tersengat setrum arus listrik. Kami mengharap kepada keluarga korban tetap sabar dan ikhlas semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah swt”, Ucap Kapolres kepada para keluarga korban yang hadir dalam kegiatan ini.

Kapolres juga menjelaskan Di kota Probolinggo seharusnya tak boleh lengah dan tetap menjaga kewaspadaan, artinya di era digital ini benar-benar harus paham mengantisipasi bagaimana menggunakan listrik yang Benar. Kabel listrik yang bersentuhan dengan seng bentuknya serabut bukan tunggal mungkin ada terpaan angin hujan deras sehingga kabel yang luka tersebut rusak dan bercampur air sehingga konslet.

“Di TKP kami juga menemukan pemasangan konektor sehingga Patut diduga ada kelalaian konektor yg dipasang diluar . Dimohon nanti pak camat ,lurah dan petugas PLN lakukan patroli pengecekan pemasangan instalasi listrik illegal”, Harap AKBP Alfian.

Petugas PLN, Kadek menyampaikan Asal listrik yaitu dari Pembangkit kemudian dialirkan ke gardu di Cokroaminoto masuk rumah ke Gardu distribusi 20000 V ke 220 Volt kemudian ke Trafo yg ada di jalan , kemudian disalurkan lg ke kabel SL masuk ke rumah melalui Mcb, batas dari PLN. Instalasi dirumah yang bertanggung jawab adalah masyarkat sendiri silahkan panggil tukang yang berkompeten jangan asal-asalan biar tak terjadi konsleting.

“Pemasangan diluar SOP kita, diluar pembatas kita disambung menggunakan konektor tanpa pembatas hanya menggunkan sakelar. Ini sangat berbahaya,” Ucap Kadek.

Di akhir kegiatan, ketua RW 01 Kel. Jati, Malik mengungkapkan rasa terimakasih atas pemberian materi dan sosialisasi yang telah diberikan oleh pihak kepolisian beserta dengan pihak PLN pada hari ini.

“Kami disini semua warga tanggap namun saat itu kami tak mau ambil resiko yg lebih tinggi”, Ucap Malik.

Setelah selesai kegiatan sosialisasi, Kapolresta Probolinggo memberikan bantuan kepada keluarga korban berupa paket sembako dan uang tunai dengan harapan untuk sedikit meringankan beban para keluarga yang telah ditinggalkan oleh para korban.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar