Selasa, 29 Januari 2019

Hadiri Musrenbang, Kapolsek : Mari Memajukan Kelurahan Dan Warga Kelurahan Sukabumi


Bertempat di aula kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan kota Probolinggo diadakan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG), Senin (28/1). Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Mayangan M Abbas S.Sos, M.Si, Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman W, S.E., S.H, Lurah Sukabumi, Fauzan dari Bappeda Litbang Pemkot Probolinggo, Babinkamtibmas Briptu Dodik Ari Candra, Ketua LPM Kelurahan Sukabumi M Hasyim beserta ketua LPM se Kecamatana Mayangan, RT/RW se Kelurahan Sukabumi serta masyarakat masing masing RT/RW yang berjumlah sekitar 50 orang.

Mochammad Abbas S.Sos, Msi dalam sambutannya mengatakan hendaknya dana atau anggaran untuk kelurahan dari pemerintah ini, dapat dimanfaatkan untuk kesejaheraan warga. Diharapkan adanya anggaran yang dikhususkan untuk kelurahan ini bisa direalisasikan untuk kepentingan masyarakat utamanya dalam menopon kesejahteraan warga di kelurahan ini. Kami juga ikut memantau dan memilah milah kucuran dana yang berasal dari kelurahan dan mana yang berasal dari SKPD.Ujarnya.

Sementara Fauzan Perwakilan Bappeda Litbang Kota Probolinggo dalam sambutannya memaparkan agar setiap RT/RW mengusulkan/mengajukan apa yang menjadi keinginan warga sesuai data dan yang diperlukan disekitar wilayahnya. Selalu mendahulukan/prioritaskan tempat yg urgent untuk pembangunan fisik maupun bantuan.

“Tugas kita semua pada musrenbang ini adalah untuk mengawal anggaran ini agar tepat pada sasarannya dan tidak ada penyelewangan dana dan kami mohon untuk pak lurah agar hati dalam penggunaan anggaran ini, karena salah dalam pemanfaatannya bisa berakibat fatal mengingat dana ini besar, dan harus dimanfaatkan sebagai mana mestinya”, Ujar Fauzan.

Ditempat yang sama, Kompol Ahmad Firman W, S.E., S.H selaku Kapolsek Mayangan ketika diberi kesempatan menyampaikan sambutannya menegaskan bahwa alokasi dana desa tiap kecamatan/kota berbeda tergantung kemampuan wilayah masing-masing. Parameter uang yang dihabiskan ada dua, yakni peningkatan SDM dan Pembangunan.

“Kami menyarankan agar lurah Sukabumi dan seluruh warga kelurahan ini dapat memberi nuansa lain dalam memajukan kelurahan Sukabumi dan memajukan para warga guna meningkatkan daya jual yang ada di Kota Probolinggo khususnya Kelurahan Sukabumi yang tentunya dengan cara meningkatkan SDM di kalangan masyarakat rendah”, Tegas Kapolsek.

“Lebih lanjut Kapolsek menambahkan Bilamana ada penyelewengan dana yang terperiksa dulu pak lurah, maka dari itu diharapkan untuk kelurahan maupun LPM kerja sama untuk membangun dan meningkatkan SDM yang sesuai dengan targetnya. Diharapkan kelurahan dalam setiap pembelanjaan anggaran di buat banner yang bertuliskan catatan tiap pembelian agar transparan,efektif dan akuntabel kepada masyarakat”,Tambah Kompol Firman.

Kegiatan musrenbang ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali. Begitu juga dengan usulan di musrenbang Kelurahan Sukabumi pada tahun 2020 ini yang berjumlah Rp. 2.854.000.000 harus bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar