Senin, 21 Januari 2019

Patroli Dialogis, Polisi Sapa Para "Pemain Bola"


Salah satu kegiatan patroli yang dilaksanakan unit Sabhara Polsek Sumberasih adalah mobiling kemudian berhenti dan berinteraksi dengan warga. Sebagaimana dilakukan oleh Bripda Elliyananta disaat melaksanakan patroli menyempatkan untuk berhenti dan menyapa para pemuda yang sedang bermain sepak bola tanah kosong persawahan desa Pesisir.

Patroli yang dilaksanakan pada sore hari tersebut, sebagaimana tujuan dari dilaksanakannya adalah untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dengan cara bertatap muka menemui warga semacam pemuda ini diharap bisa menyerap aspirasi masyarakat sekaligus menanamkan kepekaan masyarakat apabila akan adanya gangguan keamanan dan ketertiban. Adanya gejala yang telah diketahui terlebih dahulu oleh masyarakat bisa dengan segera disampaikan kepada Kepolisian untuk dilakukan penanganan awal atau tindakan Kepolisian lainnya.

“Kami baru saja bertemu dengan kelompok pemuda yang sedang main sepak bola. Kami juga mengajak mereka untuk peka bila ada gangguan kamtibmas, dimana mereka bisa segera menyampaikan kepada kami untuk mendapat tindakan awal Kepolisian. Ya ini bisa kami katakan sebagai bentuk sinergitas Polisi dengan kelompok pemuda. Dengan banyaknya jaringan di masyarakat semoga bisa membantu tugas Kepolisian demi terciptanya situasi yang aman ditengah masyarakat”. Harapan Bripda Nanta, demikian ia biasa dipanggil.

Permainan bola sempat terhenti dengan kedatangan mobil patroli Polsek. Tanpa dikomando para pemuda mendekat dan bersalaman dengan petugas. Sedikit obrolan, juga sampaikan harapan mereka untuk kinerja Polisi utamanya bagi pemuda-pemuda.

“Benar mas, tadi ada pak Polisi sempat berhenti dan bincang dengan kami. Senang kami melihat pak Polisi meskipun sedang patroli berkenan menyapa dan ngobrol dengan kami. Kami juga siap untuk sampaikan informasi apa saja terkait keamanan, dan sekaligus berterimakasih atas pesan tentang menjauhi kenakalan remaja dan narkoba”. Ujar Sulton salah seorang pemuda yang turut bermain bola pada Tribrata news.

Adanya hubungan yang terjalin dengan baik, polisi dengan masyarakat berbagi lapisan, diharap bisa menciptakan situasi kondusif di masyarakat. Demikian mungkin pesan tersirat dari kegiatan patroli dialogis tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar