Jumat, 22 Februari 2019

Baru Bertugas, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Ngobrol Santai


Sore semakin beranjak petang, tegur sapa dari warga tak henti bersahutan ketika Bripda Ananta melintas di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo, rabu (20/02/19) pagi. Kegiatan sambang desa memang tidak terbatas waktu. Tidak harus pagi hari ataupun dilarang ketika malam larut. Kehadirannya memang sering bukan pada jam kerja kantor. Untuk itu seorang Bhabinkamtibmas juga harus bisa memilih waktu yang tepat sehingga ketika dia turun ke desa, bisa bertemu dengan warga yang pada umumnya bekerja di sawah lagi sampai sore. Dan kali ini, pilihan waktu sangat tepat. Ketika orang sudah pulang kerja dari sawah, saatnya bersantai di rumah masing-masing. Kegiatan silaturahmi ini bisa menyerap aspirasi warga seputar permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Pagi sampai siang saya masih ke kantor dulu selanjutnya berkunjung ke kantor desa, bersilaturahmi dengan Kades serta perangkatnya. Kemudian sore menjelang petang ketika akan pulang kantor saya sempatkan mampir warga yang sedang bersantai depan rumah. Sebagai Bhabinkamtibmas baru di desa Ambulu saya memang harus sering turun ke desa yang salah satu tujuannya untuk mengenalkan diri. Selain itu juga mendengar usul saran bila ada masukan dari warga tentang situasi kamtibmas di desa”. Jelasnya.

Kehadirang Bhabin di desa, besar atau kecil manfaatnya kelak, tentunya sangat diharap masyarakat. Tentunya bukan hanya tentang permasalahan hukum saja atau kamtibmas semata. Melainkan kehadirannya juga bisa menjadi cermin bahwa Polisi juga benar-benar turun serta hadir di masyarakat demia tetap terpeliharanya hubungan harmonis antara pemerintah dengan masyarakatnya.

Salah seorang warga yang kala itu ikut bercakap-cakap juga menyambut baik kehadiran Bhabin baru ini.

“Sudah lama sebenarnya kami tidak melihat ada Polisi yang ditugaskan khusus ke desa bisa bertemu tatapmuka dengan warga seperti ini. Sedikit banyak pasti kami juga punya harapan, semoga saja ini (Bhabinkamtibmas) bisa jadi jembatan kami, masyarakat, dengan pemerintah. Ya, tidak masalah besar saja, meskipun permasalahan kecil atau perihal administrasi berhubungan dengan Polisi, kami bisa kontak ke Bhabin. Sehingga sebelum melangkah, kami tahu atau tanya dulu ke Bhabin ini. Trimakasih dengan penugasan Bhabin baru ini. Semoga bisa menyatu dengan warga”. Harap Jumaati salah satu warga.

Ditemui terpisah AKP WAHYUDI,. SH., M.Hum, Kapolsek Sumberasih mengatakan.
“Terhitung baru memang Bripda Ananta jadi Bhabin. Kegiatan, utamanya ya di desa. Kami tekankan mang harus selalu turun ke desa. Bekerja sama baik dengan Kades, unsur desa lainnya, warga juga Babinsa. Meskilun Polisi muda, kami berharap dia bisa melaksanakan amanah”. Pungkas Kapolsek.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar