Jumat, 08 Maret 2019

Dukung Program Strategis Nasional, Kapolsek Hadiri Kegiatan Peresmian Jaringan Gas Bumi


Dalam rangka mendukung program strategis nasional yang dilaksanakan oleh kementrian ESDM dengan memanfaatkan alokasi dana APBN tahun anggaran 2018 Kapolsek Mayangan bersama Muspida dan jajaran Muspika Kecamatan Mayangan menghadiri acara Peresmian Jaringan Gas Bumi rumah tangga Kota Probolinggo oleh Wakil Kepala SKK Migas Bpk.Ir. Sukandar bertempat di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo pada Selasa, (5/03/2019).

Dalam acara tsb. perwakilan Direktur Tehnik dan Lingkungan Bpk. Andhi Wibowo memaparkan bahwa penggunaan Gas bumi akan lebih hemat daripada Gas elpiji, ketika ada kebocoran, bau gas akan tercium kemudian untuk MRS (Metering Regulating Sistem) dan juga 6 unit regulator di tiap sektor ini ditempatkan di kantor kelurahan Jati Jalan Hayam Wuruk untuk yang RS regulator sektor nomor 1 sampai 3 ada di jalan sabdo palon di balai RW kelurahan Jati kemudian RS 4 di Jalan WR Supratman di Kantor Kelurahan Mangunharjo.

Bpk. Andhi Wibowo menyampaikan bahwa pembangunan saat ini memang dimaksudkan untuk kepentingan masyarakat dalam rangka memanfaatkan potensi energi.

" Masyarakat bisa merasakan layanan yang murah nyaman juga ramah lingkungan dan lebih baik da
ripada elpiji ". Ujar Andhi.

Dalam sambutannya Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menjelaskan bahwa dalam mengentas perumahan dan permukiman kumuh dan sesuai visi misi Pemerintah Kota Probolinggo yaitu Kota Probolinggo  Kota jasa, berwawasan , lingkungan yang maju sejahtera dan berkeadilan maka dengan adanya jaringan gas rumah tangga dari Kementerian ESDM ini sangat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo.

Walikota Habib Hadi Zainal Abidin menginformasikan dari pemasangan sebanyak 5088 sambungan ini masyarakat kota Probolinggo sangat antusias sekali sehingga masih memiliki daftar tunggu sebanyak 800 kepala keluarga di wilayah kecamatan Mayangan dan pemasangan yang telah dilakukan hanya meliputi 4 Kelurahan dari 5 Kelurahan yang ada di kecamatan Mayangan yaitu Kelurahan Mayangan ,Mangunharjo , wiroborang, dan jati ,sedangkan Kelurahan Sukabumi belum tersentuh sama sekali. Diakhir sambutannya Walikota menyampaikan harapan dalam program pemasangan jaringan gas bumi ini " mudah-mudahan pemasangan Jargas ini bermanfaat bagi warga masyarakat Kota Probolinggo". Ungkap Habib Hadi.

Dalam sambutannya Bpk. Sukandar Wakil  Kepala SKK Migas mengatakan bahwa seperti kita ketahui arah kebijakan energi nasional berpedoman pada peningkatan domestic Sumber daya alam di level 61% dari dulu yang sebagian diambil dari 64% SDA , pemerintah selalu mengutamakan kebutuhan domestik baru kalau ada sisa industri nya juga diharapkan tumbuh, di samping membuka lapangan pekerjaan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia tujuan dari program pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga adalah antara lain memberikan kepada masyarakat sampai sekarang yang melon 3 kg Itu memberikan dampak yang positif dalam melaksanakan penghematan pengeluaran biaya, dibandingkan dengan bahan bakar fosil lainnya , gas alam yang tidak kalah penting adalah pemerintah berkomitmen untuk mendukung seluruh aspek yg berkaitan dengan program pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di antaranya aspek regulasi lokasi gas bumi wajib mengutamakan untuk distribusi gas dan mendorong badan usaha milik negara dan swasta untuk dapat terlibat dalam penyediaan dan pendistribusian melalui pipa untuk sektor rumah tangga yang optimal  sehingga tidak memberatkan bagi konsumen pada umumnya.

Dalam kesempatan terakhir  Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman W, S. E., S. H.  juga menyampaikan pesan -pesan supaya warga masyrakat Kota Probolinggo ikut memelihara infrastruktur jaringan gas untuk rumah tangga yang telah dibangun karena membangun itu gampang namun memelihara adalah hal yang paling sulit, " semoga pembangunan oleh Kementerian ESDM mendapatkan Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dapat memberikan manfaat bagi indonesia dan khususnya bagi kota Probolinggo ". Ungkap Kapolsek Firman.

Selama berjalannya proyek ini panjang pipa yg telah terpasang di Kota Probolinggo sepanjang 117 km, Program pemasangan jaringan gas bumi di kota Probolinggo yang ditugaskan oleh kementrian ESDM adalah PT PGN (Persero) Tbk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar