Rabu, 13 Maret 2019

Gasak 50 Gram Emas, Polisi Berhasil Amankan Lima Orang Tersangka


Jajaran Polresta Probolinggo berhasil menangkap seluruh pelaku yang terlibat dalam tindak pidana pencurian emas dengan Tkp toko emas Walet Jl. Panglima Sudirman Kota Probolinggo. Dalam Konferensi pers yang dilaksanakan di depan gedung Serbaguna Polresta Probolinggo rabu (13/03/19) pagi tadi,  Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum membeberkan bahwa pelaku yang berhasil diamankan berjumlah lima orang dan ditetapkan tersangka, dihadirkan di hadapan sejumlah awak media.
                                                                                                                         
Dalam rilis tersebut juga terungkap kalau sebelumnya komplotan spesialis pencuri emas merupakan aksi kedua. Setelah sebelumnya mereka melakukan aksi serupa di Jombang.

Kapolresta mengungkapkan bahwa kelima pelaku ini mempunya tugas dan peran masing – masing dalam melaksanakan tindak pidana pencurian emas ini. Kapolresta juga menjelaskan bahwa modus operandi yang digunakan pelaku, setelah mencarter mobil dari Magelang, sesampainya di Toko emas di kota Probolinggo, para pelaku masuk ke dalam toko emas tidak secara bersamaan, namun secara bergantian. Para pelaku yang berpura – pura saling tidak mengenal satu sama lain ini meminta kepada pegawai untuk mengeluarkan perhiasan yang ada di dalam etalase. Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa dengan cara tetap membuat sibuk para pegawai ini para pelaku saling mengoper perhiasan yang sudah dikeluarkan tadi dan langsung keluar setelah berhasil membawa kabur sejumlah perhiasan.

Barang bukti dihadirkan gambar kalung emas 50 gram dan mobil Toyota Calya berplat AA-9026-PA yang digunakan dalam aksi di Toko Emas Walet Jalan Raya Panglima Sudirman.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, mereka melakukan aksi baru dua kali. Tentu kita masih dalami apakah benar, pasalnya di usia mereka seperti dan pengakuan tersangka aksi di Probolinggo setelah mereka dari Bali,” ungkap perwira asal Madura ini.

Terkait seorang yang sebelumnya ikut diamankan bernama “Y”, pihaknya memastikan yang bersangkutan tidak terlibat dalam pencurian kalung emas seberat 50 gram.

“Kami sudah periksa yang bersangkutan hanyalah sopir dan murni disewa saat kejadian berlangsung,” tandasnya.

Atas hal itu pihaknya juga mengimbau pada masyarakat untuk tetap berhati-hati atas terjadinya pencurian toko emas.

Seperti diketahui sebelumnya identitas lima pelaku adalah pasutri  “R” (68) dan istrinya “SY” (65) yang beralamat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. “SY” inilah  yang berperan, berpura-pura membeli kalung emas seberat 50 gram.

Tiga pelaku lainnya adalah  “L” (60) juga dari Kabupaten Magelang. “L” juga berpura-pura membeli kalung dan “A” (50) asal Banjamasin serta “N” (46) asal Magelang.

Atas perbuatanya, para pelaku terancam pidana pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun penjara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar