Senin, 01 April 2019

Antisipasi Rawan Curhewan, Polisi Laksanakan Kegiatan Patroli Bersama Warga


Tidak hanya dilaksanakan pada siang hari, patroli Kepolisian juga dilaksanakan pada malam hari bahkan sampai pagi. Melihat kerawan apa yang terjadi di suatu wilayah. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Jangur Aiptu Andi Handoko pada minggu,(30/03/19) malam ini, ialah melaksanakan patroli dengan mengajak warga yang sedang ronda di pos kamling intuk ikut serta berpatroli menjaga keamanan lingkungan. Sebagaimana kita tahu, wilayah pedesaan di Kecamatan Sumberasih terbilang masih adanya kejadian pencurian hewan ternak baik kambing maupun sapi. Untuk itu Bhabin satu ini giat melaksanakan patroli malam hari bersama warga.

“Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam menjaga dan memelihara kamtibmas. Bila disiang hari sudah ada patroli menggunakan mobil patroli Polsek, maka kami pada malam harinya juga melaksanakan patroli mengingat di wilayah pedesaan seperti ini masih ada pencurian hewan ternak”. Jelaskan Gus Han begitu dia biasanya dipanggil.

Peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan memang sangat dibutuhkan. Polisi sebagai pembina keamanan dan ketertiban tentunya tidak bisa bekerja sendiri, sehingga dengan memicu masyarakat untuk sadar keamanan, diharap mereka juga dengan sukarela bersama polisi untuk menciptakan suasana aman tersebut.

“Ya, tidak mungkinlah saya sendiri tanpa ada dukungan dari warga dan Kepala Desa Jangur. Saya selaku Bhabin sifatnya membina dan mengajak warga untul sadar keamanan sebagai kebututuhan. Sehingga dengan tumbuhnya kesadaran tersebut, mereka akan sukarela untuk menjaga lingkungan masing-masing”. Imbuhnya.

Kades Jangur Agus Haryono yang malam itu juga turut berpatroli menyambut baik inisiatif Kepolisian melalui Bhabinkamtibmasnya ini. Mengajak warga dan memicu mereka untuk menjaga lingkungan dengan mengaktifkan kembali pos kamling serta ronda malam.

“Kami sebagai Kades Jangur beserta warga sangat senang dengan kehadiran pak Polisi ini, tidak hanya kali ini saja melainkan sejak pertama berdinas di Jangur sudah sering turun dan bergaul dengan warga. Apalgi sekarang ini justru mendampingi warga dan turut berpatroli. Semoga dengan kehadiran Pak Andi Han ini desa kami selalu aman”. Harap Kades Agus.

Ditemui di ruangannya, Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi., SH., M.Hum menyampaikan dimana kegiatan patroli oleh Bhabin bersama warga tersebut memang bagian dari perintah pimpinan selain masih ada tugas lain selaku Bhabinkamtibmas di desa.

“Karena dinilai ada potensi kerawanan pencurian hewan, maka kami selalu dorong anggota untuk aktif ajak warga patroli. Selain patroli Polisi, kita juga harus memberdayakan masyarakat juga turut aktif menjada lingkungan masing-masing, sebab dengan kekompakan warga tersebut diharap keamanan wilayah akan selalu terjaga”. Pungkas Kapolsek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar