Rabu, 24 April 2019

Berikan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Menangkal Faham Radikal Dan Terorisme, Kasat Binmas Ajak Generasi Muda Bijak Bermedsos


Jajaran Satbinmas Polresta Probolinggo terus menggiatkan kegiatan pembinaan dan penyuluhan terhadap para generasi muda yang ada di wilayah hukum Polresta Probolinggo agar waspada dan tanggap terhadap adanya sebuah paham radikalisme yang mungkin tumbuh di sekitar lingkungan mereka. Rabu (24/04/19) pagi, Satbinmas Polresta Probolinggo melaksanakan kegiatan Binluh  para anggota OSIS SLTA se kota Probolinggo tentang  Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dalam menangkal Faham Radikal dan Terorisme.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Rapat Bakesbang Kota Probolinggo ini dihadiri oleh Kepala Bakesbang,  Pasie Ops Kodim 0820 Probolinggo, Kasat Binmas AKP Suharsono selaku Narasumber serta Para Ketua OSIS tingkat SLTA se Kota Probolinggo.

Dalam kesempatan ini Kasat Binmas menyampaikan bahwa Tujuan dan sasaran kegiatan Binluh tentang Bela negara dan wawasan kebangsaam adalah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta revitalisasi dan reaktualisasi nilai – nilai Pancasila yang perlu diterapkan kepada para generasi muda. Kasat juga menekankan para generasi muda bangsa ini harus peka terhadap lingkungan disekitar terkait dengan antisipasi adanya paham radikalisme yang bisa mengganggu situasi kamtibmas yang sudah kondusif.

RADIKALISME dpt diartikan sebagai faham atau aliran yg menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial & politik dengan cara keras atau drastis & sikap ekstrem di suatu aliran politik. Ada hubungan secara pararel antara radikalisme agama dengan aksi kekerasan, karena secara teoritis radikalisme biasanya muncul dalam bentuk aksi penolakan,perlawanan & keinginan untuk merubah sesuai dengan doktrin agamanya.” Ucap Kasat.

Diakhir penyampaian materinya, Kasat binmas benar – benar mengharapkan para generasi muda untuk mengantisipasi banyaknya paham – paham radikal yang juga muncul di berbagai media sosial. Bijak dalam bermedsos dan jangan lupa saring sebelum share itu juga merupakan salah satu bentuk peran yang dapat dilakukan oleh para generasi untuk mengantisipasi tumbuhnya paham radikalisme di negara Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar