Selasa, 16 April 2019

Dikawal TNI Polri, Paket Logistik Pemilu 2019 Didistribusikan ke Pulau Gili Ketapang


Jelang pencoblosan pemilihan umum 2019 yang akan diselenggarakan besok, 125 paket logistik pemilu atau sekitar 6.415 surat suara didistribusikan ke Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Selasa (16/4) pagi. Proses pengiriman dilaksakanan oleh KPU Kabupaten Probolinggo diawasi oleh Bawaslu dan dikawal TNI- Polri. Untuk menghindari terkena air, ratusan boks surat suara harus dibungkus tas plastik.

“Kami sudah mengantisipasinya dengan membungkus logistik dengan plastik. Sempat ada kekurangan plastik pembungkus, tapi nanti akan kami lengkapi saat akan ditarik kembali,” ujar Kasubag Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Probolinggo, Sudarso.
 
Dipimpin oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, SH, S.IK, M.Hum, pendistribusian tersebut di bawah pengawasan Pamatwil, yaitu Dirbinmas Polda Jatim Kombespol Iwan Setiawan. Turut hadir Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniawan. Berangkat dari pelabuhan perikanan pantai, kapal ini menuju ke Pulau Gili dengan dijaga puluhan anggota Polri dan TNI bersenjata lengkap. Pulau Gili, berjarak sekitar 2 mil dari pantai utara Probolinggo. Proses distribusi terhambat dengan tingginya gelombang air laut dan kecepatan angin, serta tingkat kerawanan.
 
Selanjutnya sebanyak 6.415 surat suara ini disimpan di Kantor Desa Gili Ketapang, dengan dijaga personil bersenjata lengkap hingga selesai penghitungan. Di Pulau Gili Ketapang setidaknya ada sekitar 10 ribu lebih penduduk dan 6 ribu diantaranya memiliki hak suara, nantinya akan ada 25 tempat pemungutan suara. 2 TPS diantaraanya merupakan rawan konflik.

Menurut Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, pihaknya akan menambah pengamanan di TPS Pulau Gili Ketapang. "Hingga selasai penghituangan surat suara, Polri dan TNI tidak akan menarik pasukan dari Pulau Gili," kata AKBP Alfian Nurrizal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar