Senin, 27 Mei 2019

Rancang Rencana Dengan Seksama, Dua Pembobol ATM Gagal Gasak Uang Puluhan Juta Rupiah


Dua pelaku pembobol ATM di Jalan Soekarno-Hatta di samping Eratex, benar - benar sudah mempersiapkan segalanya sebelum beraksi. Aksinya juga diduga dilakukan lintas daerah. Pasalnya, salah satu pelaku diketahui berasal dari Tangerang. Saat beraksi di Probolinggo, mereka juga mengendarai mobil secara bersama-sama. Sebelum beraksi, para pelaku juga merancang dengan seksama. Hal ini di terangkan oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum saat ditemui tim Tribratanews



Ini berkaca lantaran dua hari sebelum kejadian yakni pada Kamis (23/05/19) lalu, ada laporan yang masuk bahwa ATM BNI yang berada di lokasi, ada seseorang yang tidak di kenal telah  memasang tanda “ATM Rusak”. Padahal di mesin ATM itu, sejatinya tidak ada masalah. Namun ada orang yang tak bertanggung jawab memasang tanda “ATM Rusak” di pintu kaca luar dan juga di dalam. Bahkan, kamera CCTV ditutup. Sehingga bagi yang hendak ke ATM seolah diarahkan ke mesin ATM Mandiri yang berada di sebelahnya.

Petugas dari perbankan juga mencurigai adanya ketidakberesan pada Sabtu (25/5) dini hari. Pasalnya sistemnya nyandat. Kadang online, offline, dan online lagi. Sehingga dilakukan pengecekan dengan petugas kepolisian. Dan alhasil ditemukan adanya dua pelaku yang sedang membobol ATM.,” Ungkap Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa  pembobolan ATM yang masuk di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan itu, dilakukan Sabtu (25/05/19) dini hari. Kapolres mengatakan bahwa kejadian tersebut berawal dari satpam bank BNI, yang mendapat laporan dari vendor pengisi ATM. Vendor pengisi uang di mesin ATM tersebut, kemudian meminta Sarpam BNI agar mengecek ATM, dan meminta menghubungi petugas kepolisian.
“Di ATM itu, para pelaku membobol dengan memasukkan tongkat, saat mesin keluar. Nah, saat itu, dua pelaku terlihat masih belum selesai mengambil uang di dalam mesin ATM.” Ucap Kapolresta.
Secepatnya, Bersama dengan petugas dari jajaran Polresta, satpam tersebut, menuju lokasi ATM di samping Eratex. Selanjutnya Satpam bersama petugas kepolisian, melihat ada dua orang yang telah melakukan pembobolan mesin ATM. Tanpa banyak bicara, dua pelaku berhasil diringkus. Salah satunya bernama “SHH”, 54, asal Tangerang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua dari pelaku mencoba membobol mesin ATM milik BNI di Jalan Soekarno-Hatta disamping PT Eratex, Sabtu dini hari (25/05/19). Sebelum membawa kabur duit puluhan juta yang sejatinya sudah berhasil diambil dari mesin ATM. Namun sebelum mereka kabur, petugas sekuriti bank bersama kepolisian, berhasil menangkapnya. Salah satunya adalah “SHH” 54, asal Tangerang.






..\\\


Tidak ada komentar:

Posting Komentar