Kamis, 11 Juli 2019

Aktif Bina Desa Binaan, Bhabinkamtibmas Gili Mendapatkan Penghargaan Dari Kapolda


Puncak peringatan Hari Bhayangkara ke 73 di Makodam V/Brawijaya Surabaya menjadi ajang pemberian penghargaan terhadap anggota yang berprestasi (10/07/19). Ragam penghargaan tersebut antara lain Lomba Bhabinkamtibmas, Siskamling serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa teladan.

Aiptu Sunarji, Bhabinkamtibmas Desa (Pulau) Gili Ketapang Polres Probolinggo Kota adalah salah satu polisi yang memperoleh apresiasi dari Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si.. Polisi yang memasuki purna tugas pada bulan Agustus depan ini dinilai aktif dalam membina nelayan pulau Gili Ketapang serta memiliki kinerja dan dedikasi tinggi terhadap masyarakat dan institusi Polri.

Ditemui di kantornya (11/07/2019), polisi yang bertugas sejak tahun 1981 ini menerangkan bahwa menjadi bhabinkamtibmas sejak tahun 2011 di pulau Gili Ketapang banyak suka dukanya. Namun yang menjadi prioritas permasalahan adalah kenakalan remaja antara lain perkelahian, minum puluhan komix, ngepil dan ngelem cat (berefek mabuk).

“Mayoritas penduduk di sana berprofesi sebagai nelayan. Berangkat pagi pulang malam langsung istirahat, bahkan ada yang berhari-hari masih di tengah laut yang berdampak ke anak-anak menjadi kurang pengawasan sehingga ada yang nakal”, terangnya.

“Seminggu sekali saya menyebrang pulau dan bermalam di rumah warga agar bisa patroli malam bersama kepala desa, tokoh agama dan pemuda untuk bisa menekan kriminalitas serta menyelesaikan permasalahan antar warga” tambahnya.

Yang unik, bilamana daerah lain cenderung menutupi kenakalan anaknya, orang tua di Pulau Gili Ketapang justru menyerahkan anaknya kepada polisi dengan harapan agar anaknya tidak menjadi nakal lagi.

“La ini yang lucu, anaknya nakal kok malah diserahkan ke polisi”, ujarnya sambil tertawa.

Atas prestasi yang diraih oleh anggotanya, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, SH, S.IK, M.Hum berharap agar hal ini bisa menjadi contoh bagi anggota lain untuk melaksanakan tugas dengan baik dan dedikasi yang tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar