Rabu, 17 Juli 2019

Isi Materi Dalam Kegiatan MPLS, Bhabinkamtibmas Ajak Para Siswa Antisipasi Kenakalan Remaja


Memasuki tahun ajaran baru SMPN 1 Sumberasih  mengadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) terhadap peserta didik baru dengan menggandeng Kepolisian untuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang berbagai hal terkait dengan pencegahan kenakalan remaja serta penyalahgunaan narkoba, selasa (16/07/19) pagi. Adalah Bhabinkamtibmas desa Pesisir Bripka Eko Arisandi yang mengisi kegiatan MPLS SMPN 1 Sumberasih dengan memberikan beberapa penyuluhan tentang antisipasi kenakalan remaja.

Kepala SMP 1 Sumberasih Drs. Mokh Zamroni mengatakan, bila dulu pengenalan lingkungan sekolah pada peserta didik baru masih ada perploncoan maka kali ini lebih kedepankan mengisi dengan materi-materi yang belum ada dalam kurikulum pendidikan, tentang kenakalan remaja atau penyalah gunaan narkoba misalnya. Dan kali ini pihak SMPN 1 Sumberasih mengundang jajaran Polsek Sumberasih untuk  mengisi materi tersebut.

"Masa pengenalan ligkungan sekolah memang bisa dianggap pintu gerbang dimulainya seorang siswa mengalami transisi dari tingkat Sekolah Dasar memasuki satu tingkat pendidikan diatasnya lagi. Sehingga perubahan kebiasaan serta perubahan komunitas lingkungan baru bagi mereka harus dimulai dengan masukan-masukan materi yang belum ada di kurikulum pwndidikan. Dan saat ini kami percayakan untuk memberikan materi tersebut pada Polsek Sumberasih.” Terang Kepsek.

Kepala Sekolah juga berikan apresiasi atas kegiatan lemberian materi tersebut pada Kepolisian, sebab selain materi yang diminta, ada pengalaman-pengalaman personel yang berikan materi terkait penanganan kenakalan remaja serta penyalahgunaan narkoba, sehingga bila materi ini disampaikan oleh yang menangani sehari-harinya maka leserta didik baru akan lebih yakin tentang bahaya penyalahgunaan narkoba maupun kenakalan remaja.

"Kami sangat terbantu, sehingga materi yang belum ada di sekolah memang disampaikan oleh instansi yang sehari-hari menangani perasoalan tersebut. Juga kami sampaikan terimakasih pada pihak Kepolisian Sumberasih". Ujar Kepala Sekolah
Suasana serius tapi santai terlihat di aula terbuka sekolah tersebut, siswa baru juga tampak antusias mendengarkan materi yang disampaikan Bripka Eko Arisandi, sebab tidak hanya sebagaimana tulisan pada slide, Bripka Eko juga mengajak siswa untuk berinteraksi dengan pemateri.

"Agar tidak bosan lah, kalau kita hanya membaca sebagaimana materi di slide pasti mereka akan bosan. Kami akak mereka juga untuk aktif bertanya dan juga kami selingi dengan guyonan. Sehingga suasana santai tapi materi bisa diterima. Seba materi seperti ini memang sudah tidak asing bagi mereka, baik kenakalan remaja maupun penyalah gunaan narkoba yang notabene juga masuk dalam kategori kenakalan remaja ini adalah hal yang saat ini sering muncul dalam masyarakat. Sehingga kebanyakan mereka sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Jadi materi sengaja kami sampaikan dengan relaks". Dikatakan Bripka Eko usai kegiatan.

Ditemui diruang kerjanya, Kapolsek Sumberasih AKP WAHYUDI., SH., M.Hum membenarkan kegiatan twrswbut adalah permintaan dari lembaga sekolah jadi selain di  SMPN 1Sumberasih, Kapolsek juga memerintahkan personel lain untuk ke sekolah-sekolah lainnya.

"Dengan harapan bisa menjaga remaja dari bahaya penyalahgunaan narkoba, kami selalu layani lembaga sekolah untuk mengisi materi. Dan untuk hari ini kami perintahkan Kanit Binmas dan anggotanya Aiptu Andi Hanndoko untuk mengisi materi di sekolah lain". Pungkas Kapolsek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar