Selasa, 09 Juli 2019

Kapolsek Beserta Jajaran Hadiri Kegiatan Penanaman Mangrove Serentak OASE di 12 Provinsi


Kapolsek Tongas AKP. Tavip Haryanto beserta dengan jajaran menghadiri kegiatan Kegiatan Penanaman Mangrove Serentak OASE di 12 Provinsi bertujuan untuk mitigasi perubahan iklim dan bencana tahun 2019. Selain menghadiri, jajaran Polsek Tongas juga menurunkan puluhan personelnya untuk mengamankan kegiatan ini agar berjalan dengan aman dan kondusif.

Bertempat di Pantai Tambak Bahak Desa Curahdringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Arie Wisnoe Prasetja Boedi (Ketua Dharma pertiwi daerah E) beserta pengurus, Ibu Garjati Heru Cahyono (Wakil ketua 1 penggerak PKK Jatim) beserta Pengurus, Ibu Dim Mintoro(Ketua Daerah Jalasenastri Armada II) beserta pengurus, Letkol Inf Imam Wibowo,SE, M.Ipol (Dandim 0820/Probolinggo) beserta ibu dan jajaran pengurus Persit KCK XXXIV, Letkol Inf Fifin Zudi Syaifudin, Spd.(Waaster Kasdam V/ Brw), Drs H.M Siddik Wijanarko, M.M (Assisten administrasi perekonomian dan pembangunan Pemkab Probolinggo), Ir. H. Ahmad Hayim Ashari, M.M (Kepala Dinas Lingkungan hidup Kab. Probolinggo), Supriono, S.p, M.M (Kepala Balai besar Pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung), Drs. SUKARNO, Mau (Camat Tongas) beserta seluruh Kades se Kecamatan Tongas,. Kapten M. BASUKI (Danramil 0820/05 Tongas) beserta anggota, serta perwakilan dari berbagai komunitas.

Dalam sambutannya, Ibu Arie Wisnoe Prasetja Boedi menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah serta segenap pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan sehingga dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Ibu Pangdam juga mengatakan Patut dipahami bersama bahwa hutan peranan mangrove memiliki manfaat yang banyak sekali yang salah satunya untuk menahan tanah baik langsung ataupun tidak langsung yang diakibatkan oleh ombak dilingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.

“Program pemerintah kegiatan kelestarian lingkungan hidup bertujuan untuk menyelamatkan bumi yang saat ini sudah banyak mengalami kerusakan dan pemanasan global akibat dari ulah kita sendiri, kegiatan ini bisa disebut juga sebagai penghijauan kembali dalam artian luas. Maka dari itu mari berbuat baik untuk bumi dan lingkungan.” Kata Bu Ari

Ditemu di sela - sela kegiatan, Kapolsek menjelaskan bahwa Latar belakang dari kegiatan hari adalah Keberadaan ekosistem mangrove di Indonesia yang mana pada  saat sekarang pada posisi yang memprihatinkan, hal ini disebabkan pemanfaaatan yang berlebihan oleh masyarakat terhadap mangrove itu sendiri. Kapolsek juga mengatakan sampaikan kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan secara serentak di dua belas (12) provinsi yang terpusat di Manado dan didalamnya termasuk Jawa timur yang ditempatkan di kabupaten Probolinggo.

“Disamping menghadiri kegiatan, jajaran kami juga bertugas untuk mengamankan kegiatan ini agar berjalan dengan aman dan lancar.” Ucap Kapolsek.

Kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan terpusat di Manado dan secara serentak dilaksanakan di 12 provinsi yang didalamnya termasuk Jawa timur yang ditempatkan di Probolinggo. Adapun tujuan dari penanaman mangrove adalah  agar berdampak positif terhadap lingkungan sekitar dan mempunyai nilai ekonomi yang cukup besar apa lagi di tempat wisata dan pastinya akan mengangkat ekonomi masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar