Rabu, 07 Agustus 2019

Dampingi Kegiatan KKN Di Desa Binaan, Ini Yang Disampaikan Bhabinkamtibmas Kepada Para Peserta


Ke sepuluh Mahasiswa Universitas Jember yang sedang melaksanakan KKN di desa Pesisir betul-betul ingin mengetahui program apa saja yangn bisa membawa manfaat bagi masyarakat desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.  Bertempat di pendopo Balai Desa Pesisir mereka mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan Tebalan guna memanfaatkan potensi desa sbg peningkatan perekonomian masyarakat Desa Pesisir, selasa (06/08/19) pagi. Kegiatan ini dihadiri Camat Sumberasih Rahmad Hidayanto., S.Sos., M.Si, Kades Pesisir Moch. Rofi'i beserta perangkat desa juga Bhabinkamtibmas desa Pesisir Bripka Eko. Selain itu, sosialisasi sengaja menghadirkan warga terutama ibu-ibu rumah tangga sebagai sasaran program.

"Kita sekalian harus bersyukur, dimana adik-adik Mahasiswa yang KKN disini ini memberikan ilmu bagi kita sekalian tentang cara mengelola sumber daya alam yang sudah tetsedia di desa kita ini. Silakan didengarkan dan diserap ilmunya. Dari paparan yang disampaikan tadi jelas maksud dan tujuannya, adalah memanfaatkan hasil laut yang selama ini kurang diperhitungkan, dengan harapan produk asli desa Pesisir ini bisa dikenal dan laku dipasar". Disampaikan Bripka Eko dalam sambutannya.

Bhabin juga menjelaskan bahwa Tebalan adalah kerang hijau yang memiliki bagian tubuh utama yaitu badan yang bercangkang dan bagian ekor. Dimana kegiatan Mahasiswa KKN yang dikoordinatori oleh Irham ini memanfaatkan ekor tebalan tersebut untuk diolah baik menjadi keripik peyek maupun digoreng krispi yang sudah tentu membuat mulut tak berhenti mengunyah. Selain mungkin akan dikonsumsi sendiri karena kaya manfaat gizi, kerang tebalan tersebut bisa juga diolah dalam jumlah banyak yang bisa dipasarkan karena memang itulah harapannya guna menggali manfaat secara ekonomi.

Ditemui teripsah, Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi., SH., M.Hum., menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas dari bhabin untuk mendampingi setiap kegiatan masyarakat di desa binaan masing – masing. Kapolsek juga menekankan kepada seluruh bhabinkamtibmas nya agar untuk selalu sambang ke desa binaan masing – masing setiap hari.

“Setiap hari jajaran bhabin memang harus turun ke desa masing – masing untuk memantau setiap perkembangan yang terjadi di desa binaan masing – masing.” Ucap Kapolsek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar