Sabtu, 12 Oktober 2019

Cek Kemampuan Fisik Anggota, Polres Gelar TKJ Tahap 2 Tahun 2019


Pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) tahap II 2019 kembali dilaksanakan Polres Probolinggo Kota. TKJ yang diikuti oleh seluruh anggota Polres Probolinggo Kota guna mengecek kemampuan fisik dan kesehatan anggota secara umum guna di laporkan ke kesatuan lebih atas yaitu Polda Jatim.

Bertempat di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo, sebanyak ratusan personel Polres Probolinggo Kota mengikuti kegiatan ini secara bergantian selama 3 gelombang mulai tanggal 10,11 dan 12 Oktober 2019 sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap terlaksana. 

Kabag Sumda Polres Probolinggo Kota mengungkapkan bahwa tujuan TKJ adalah untuk mengukur kekuatan stamina, dan kesamaptaan seluruh anggota Polres. Selain itu pada kesempatan ini pula anggota bisa berkumpul hingga anggota Polsek jajaran sehingga menjalin silaturahmi dan kekompakan dalam mendukung pelaksanaan tugas.

“TKJ ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya ada 2 tahap, pelaksanaan tes ini akan membawa suasana tersendiri bagi setiap angggota, mampu mengetahui dan menjaga kemampuan fisiknya, Sebelum dilaksanakan TKJ, seluruh anggota juga diharuskan untuk melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan oleh Tim Urkes Polres Probolinggo Kota serta pemanasan sejenak sebelum melaksanakan rangkaian dari TKJ.” ujar Kabag.

Kabag juga mengatakan, kegiatan TKJ juga untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kemampuan fisik dan kesehatan anggota Polri, dan PNS khususnya Polres Probolinggo. Selain itu, dengan TKJ juga menjaga kebugaran jasmani agar tetap prima dan selalu siap bertugas dalam kondisi apapun. Ditambahkan Kabag Sumda, ada lima item yang dilaksanakan dalam tes kesamaptaan jasmani. Yakni, lari mengelilingi lapangan stadion selama 12 menit, pull up, push up, sit up dan shutle run.

Sedangkan bagi anggota yang sudah berumur 50 tahun ke atas, diberikan kelonggaran hanya melaksanakan jalan kaki / tretmill mengelilingi lapangan Bhayangkara selama 12 menit tanpa pull up, sit up, push up dan shutle run melihat situasi kesehatan dan fisik yang bersangkutan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar